Jakarta (ANTARA) - Operator seluler dari anak perusahaan milik negara (BUMN) PT. Telkom Indonesia, Telkomsel, melakukan sejumlah langkah agar telekomunikasi pada gelaran 11th ASEAN Para Games Solo 2022 berjalan lancar.

"Infrastruktur jaringan dan layanan sudah kami siagakan bagi pelanggan lokal maupun pelanggan baru mancanegara untuk mengantisipasi kebutuhan komunikasi dan promosi selama acara berlangsung," kata Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, dikutip dari siaran pers, Rabu.

Dukungan yang mereka berikan berupa penambahan kapasitas dan optimalisasi jaringan pita lebar (broadband) di 38 titik di lokasi kejuaraaan paralimpiade tingkat Asia Tenggara ini. Operator seluler ini juga menjadi mitra resmi jaringan telekomunikasi acara tersebut.

Baca juga: Telkomsel segera menonaktifkan sinyal 3G di Jatim

Ke-38 menara BTS 4G/LTE yang mengalami peningkatan kapasitas dan optimalisasi kualitas jaringan tersebut melayani 14 arena pertandingan, akomodasi atlet dan panitia, pusat media, bandara dan tempat wisata.

Aksi ini merupakan antisipasi lonjakan lalu lintas telekomunikasi yang mungkin terjadi selama perhelatan olahraga mancanegara tersebut berlangsung.

Selain peningkatan pada menara seluler, Telkomsel juga secara khusus mengoperasikan 16 menara BTS 4G/LTE lainnya dan dua unit BTS bergerak (COMBAT) untuk keandalan jaringan selama upacara pembukaan dan penutupan di Stadion Utama Manahan, Solo.

Mereka juga memberikan hotspot dari Telkomsel Orbit di beberapa titik. Saat ini jaringan 5G juga sudah tersedia di kota tersebut, untuk area Balai Kota Surakarta dan sekitarnya.

Untuk keperluan telekomunikasi atlet, kontingen, panitia dan pengunjung mancanegara, Telkomsel bekerja sama dengan komite 11th ASEAN Para Games Solo 2022 INASPOC menyediakan 2.500 kartu prabayar Tourist Card.

Untuk penonton mancanegara, kartu tersebut bisa dibeli di gerai yang berasa di Manahan International Stadium Solo, Sritex Arena Solo, Jatidiri Swimming Center Semarang, Edutorium UMS Solo, dan Bandara Adi Soemarmo Surakarta.

11th ASEAN Para Games Solo 2022 berlangsung pada 30 Juli sampai 6 Agustus.

Baca juga: Telkomsel hadirkan jaringan di lima kecamatan Mentawai

Baca juga: Telkomsel migrasi jaringan 4G di ratusan kota

Baca juga: Telkomsel pastikan kesiapan jaringan untuk G20
 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022