masih ada 1.236 jamaah kita di Arab Saudi
Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 391 orang jamaah haji Aceh kelompok terbang (kloter) dua tiba di Tanah Rencong, dan langsung menjalani pemeriksaan tes usap antigen untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Koordinator Humas dan Penerangan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Aceh Tajri bin Yakub, Rabu, mengatakan bahwa jamaah kloter dua berangkat dari Bandara King Abdul Aziz pada pukul 07.31 Waktu Arab Saudi (WAS).

"Alhamdulillah 391 jamaah kloter dua ini tiba dengan selamat di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) pada pukul 19.30 WIB," kata Tajri di Banda Aceh, Rabu.

Ia menyebut jamaah kloter dua tersebut berasal dari Kabupaten Bireuen 117 orang, Aceh Tengah 58 orang, Bener Meriah 55 orang, Gayo Lues 29 orang, Aceh Tenggara 57 orang dan Kota Banda Aceh 70 orang serta empat petugas kloter dan seorang pemandu haji daerah.

Tajri menjelaskan bahwa ada 10 jamaah dalam kloter ini harus menggunakan kursi roda dan lima jamaah dalam pantauan khusus Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) akibat kondisi kesehatan yang tidak stabil.

Baca juga: Haji dari Debarkasi Solo meninggal di Tanah Suci bertambah
Baca juga: Wagub Kalbar sambut kepulangan jamaah di Asrama Haji Batam

Setiba di asrama haji, para jamaah langsung menjalani pemeriksaan kesehatan berupa tes usap antigen COVID-19. Namun petugas masih belum mendapatkan hasil keseluruhan jamaah.

"Setelah tes kesehatan, jamaah langsung mengikuti upacara pelepasan, pengembalian paspor, pengambilan koper dan air zamzam, lalu kembali ke keluarga masing-masing," kata Tajri.

Menurut dia, semula jamaah kloter dua yang berangkat ke Arab Saudi sebanyak 390 orang, namun yang kembali ke Tanah Air sebanyak 391 jamaah.

"Satu jamaah tanazul atau mutasi masuk ke kloter dua dari kloter tiga yakni Sinem Malim Jamil (65)," kata Tajri.

Baca juga: 10 haji Debarkasi Batam asal Kalimantan Barat lakukan tes usap PCR
Baca juga: Seorang haji asal Bintan dinyatakan positif COVID-19

Sinem Malem Jamil merupakan jamaah dari Kabupaten Gayo Lues. Awalnya jamaah ini berangkat ke Arab Saudi bersama kloter dua, namun tertunda karena sakit, sehingga harus diberangkatkan bersama kloter tiga.

"Sampai di Madinah, Sinem kembali bergabung bersama jemaah kloter dia," kata Tajri.

Hingga saat ini, kata Tajri, sudah 782 jamaah haji yang tiba di Aceh, masing-masing 391 jamaah kloter satu dan 391 jamaah kloter dua.

"Masih ada 1.236 jamaah kita di Arab Saudi. Insha Allah, Kamis (28/7) besok malam akan tiba jamaah dari kloter tiba," katanya.

Baca juga: Seluruh jamaah haji Aceh kloter satu dinyatakan negatif COVID-19

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022