Jakarta (ANTARA) - Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur mengadakan kegiatan “Puskesmas Tour for Kids” untuk anak-anak sekolah dasar mengenali fasilitas dan layanan Puskesmas.

Acara yang dilaksanakan ini juga bertujuan agar para anak-anak untuk tidak takut saat berkunjung ke Puskesmas.

Baca juga: Puskesmas Kramat Jati Jakarta Timur gencarkan tes PCR di sekolah

“Jadi anak-anak ini nanti akan diajak berkeliling ke pusat layanan yang ada di Puskesmas Kramat Jati untuk memberikan informasi-informasi dasar tentang pelayanan kesehatan,” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Puskesmas Kramat Jati Antik Rachmawati saat ditemui ANTARA di Jakarta, Kamis.

Untuk kegiatan pertama anak-anak akan diberi informasi mengenai kesehatan gigi, cara menjaga kesehatan gigi juga merawat gigi.

“Selain itu anak-anak diajarkan untuk tidak takut dengan dokter gigi di puskesmas karena kebanyakan mereka fobia terhadap pemeriksaan gigi,” tuturnya.

Kemudian yang kedua adalah layanan farmasi dengan tujuan anak-anak tidak lagi takut ataupun malas minum obat.

“Tim kami nanti akan menyampaikan pada anak-anak dengan cara yang berbeda agar mereka paham pentingnya minum obat dan kenapa harus minum obat,” ucapnya.

Lalu yang ketiga, yaitu layanan laboratorium dengan menunjukkan pada mereka seperti apa bentuk kuman atau bakteri dilihat melalui mikroskop dan juga dilakukan pemeriksaan golongan darah.

Baca juga: Puskesmas Kramat Jati layani penyuntikan vaksin Moderna untuk umum

“Fungsinya agar anak-anak paham bahwa kuman itu menjadi ancaman bagi kita dan kita juga memberikan edukasi agar anak tidak takut pada pemeriksaan laboratorium,” tambahnya.

Antik menambahkan kegiatan yang diikuti sebanyak 30 peserta anak SD ini memiliki tantangan tersendiri bagi tim dari Puskesmas Kramat Jati.

“Kesulitan yang dihadapi adalah membahasakan dengan bahasa anak-anak dan menyamakan pandangan kita dengan pandangan anak-anak itu sehingga informasi yang mereka terima bisa dipahami dengan level mereka,” ucap Antik.

Sebagai informasi, program Puskesmas Tour for Kids merupakan rangkaian dari “Festival kegiatan ibu dan anak” yang diselenggarakan Puskesmas Kecamatan Kramat Jati untuk memperingati Hari Anak Nasional pada bulan Juli 2022 dan Bulan Imunisasi Anak Nasional pada bulan Agustus 2022.

Festival kegiatan ibu dan anak ini juga dilaksanakan di tujuh kelurahan yang ada di Kecamatan Kramat Jati, seperti Kampung Tengah, Cililitan, Kramatjati, Batuampar, Balekambang, Dukuh dan Cawang.

Baca juga: Puskesmas di Jakarta Timur beri tenaga kesehatan vaksin "booster"

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022