masih ada 23 kloter jamaah lagi yang akan pulang dari Jeddah hingga 30 Juli
Mekkah (ANTARA) - Kementerian Agama mencatat sebanyak 36.398 jamaah haji Indonesia yang tergabung dalam 91 kloter gelombang pertama sudah diterbangkan pulang ke Tanah Air dari Jeddah.

"Ada 114 kloter jamaah haji gelombang pertama yang mendarat di Madinah pada fase keberangkatan. Artinya, masih ada 23 kloter jamaah lagi yang akan pulang dari Jeddah hingga 30 Juli mendatang," kata Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Saiful Mujab di Mekkah, Kamis.

Menurut Saiful, Pemulangan jamaah haji gelombang pertama sudah berlangsung sejak 15 Juli hingga 30 Juli 2022. Mereka dipulangkan dengan pesawat Garuda Indonesia maupun Saudia Airlines dari Jeddah.

Baca juga: Sebagian haji gelombang kedua di Madinah alami penyakit pernapasan
Baca juga: Seorang jamaah haji kedapatan merokok di area Masjid Nabawi

Sementara untuk jamaah haji Indonesia gelombang kedua yang mendarat di Jeddah pada fase kedatangan, sejak 21 Juli sudah diberangkatkan dari Mekkah ke Madinah secara bertahap yang akan berlangsung hingga 4 Agustus 2022.

Ia menjelaskan, sebanyak 22.861 jamaah gelombang kedua saat ini sudah berada di Madinah. Mereka sedang menjalani ibadah Arbain, shalat wajib berjamaah selama 40 waktu di Masjid Nabawi.

"Jamaah gelombang kedua ini akan mulai pulang ke Tanah Air pada 30 Juli 2022 melalui Bandara AMAA Madinah. Kloter terakhir jamaah haji Indonesia akan pulang dari Madinah pada 14 Agustus 2022," katanya.

Baca juga: Jamaah haji harus sesuaikan kondisi kesehatan untuk laksanakan Arbain

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022