Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting melengkapi khazanah berita ekonomi LKBN Antara pada Kamis (28/7), mulai dari Korea Selatan (Korsel) yang menyepakati empat bentuk kerja sama bidang infrastruktur untuk membantu pengembangan IKN Nusantara, hingga Bank Mandiri yang mencetak laba bersih Rp20,22 triliun atau melesat 61,7 persen.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:


1. Menteri PUPR: Korsel sepakati empat kerja sama infrastruktur di IKN

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Korea Selatan menyepakati empat bentuk kerja sama konkret bidang infrastruktur dengan Indonesia untuk membantu pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Ada beberapa kerja sama yang sudah kita sepakati. Pertama, Kementerian Lingkungan Hidup Korea Selatan akan membantu melalui hibah pembangunan instalasi pemurnian air dengan kapasitas 300 liter per detik. Kami sudah melihat kemarin di Hwaseong Water Purification Plant,” kata Menteri Basuki yang mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja ke Korea Selatan (Korsel), sebagaimana pernyataan tertulis diterima di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya


2. Presiden Jokowi dorong investasi Korsel di industri mobil listrik RI

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendorong investasi dari Korea Selatan (Korsel) untuk pembangunan ekosistem mobil listrik di Indonesia.

“Dalam pertemuan dengan Presiden Yoon, secara khusus saya mendorong investasi dari Korea terutama di bidang percepatan pembangunan ekosistem mobil listrik di Indonesia, termasuk proyek industri baterai terintegrasi dengan pertambangan dan industri baja otomotif untuk kendaraan listrik,” kata Jokowi dalam konferensi pers bersama Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol Suk-yeol di Seoul, Korea Selatan, Kamis, yang disiarkan Biro Pers Sekretariat Presiden dan dikutip di Jakarta.

Baca selengkapnya


3.Rupiah menguat usai pernyataan Powell yang dipandang "dovish"

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis sore, ditutup menguat usai pernyataan Gubernur The Fed Jerome Powell yang dipandang dovish (pelonggaran kebijakan).

Rupiah ditutup menguat 88 poin atau 0,59 persen ke posisi Rp14.922 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp15.010 per dolar AS.

"Dari hasil pertemuan, Powell mengesampingkan kemungkinan resesi namun tetap pada lajur kenaikan suku bunga. Sehingga kekhawatiran resesi untuk saat ini teredamkan, sentimen pasar menjadi risk on," kata analis DCFX Futures Lukman Leong saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya


4.KSP: Pajak tumbuh signifikan perkecil risiko resesi RI

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Edy Priyono mengatakan penerimaan pajak yang bertumbuh 55,7 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada semester I-2022 menunjukkan ekonomi Indonesia berjalan baik dan memperkecil risiko terjadinya resesi.

“Capaian penerimaan pajak ini membuktikan kegiatan ekonomi Indonesia semakin baik, dan menjadikan probabilitas kemungkinan terjadinya resesi di Indonesia semakin jauh,” kata Edy di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya

 

5, Laba bersih Bank Mandiri melesat 61,7 persen jadi Rp20,22 triliun

PT Bank Mandiri Tbk atau Bank Mandiri membukukan laba bersih sebesar Rp20,22 triliun pada semesteri I-2022 atau melesat 61,7 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy).

"Bank Mandiri mencatatkan kinerja keuangan progresif sampai kuartal II dan berhasil menjadi grup keuangan terbesar yang memberikan kontribusi besar terhadap ekonomi," kata Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dalam Konferesi Pers Paparan Kinerja Bank Mandiri Kuartal II 2022 di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya

 

 

 

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022