Baturaja (ANTARA) - Ribuan ekor benih ikan jenis patin ditebar di Sungai Ogan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, dalam upaya meningkatkan populasi ikan di perairan wilayah setempat.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Tri Aprianingsih di Baturaja, Jumat, mengatakan  penebaran benih ikan ini dilakukan sejumlah pejabat di Pemerintahan Provinsi Sumsel dan Pemkab OKU dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten OKU ke 112 tahun 2022.

"Bertepatan 112 tahun usia Kabupaten OKU hari ini dilakukan berbagai kegiatan, termasuk tebar benih ikan di Sungai Ogan," katanya. Adapun jenis ikan yang dilepas di sungai yaitu ikan patin sebanyak 18.000 ekor.

Titik pelepasan ribuan benih ikan air tawar itu dilakukan di Jembatan Ogan I dan empat kecamatan lainnya meliputi Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Semidang Aji, Pengandonan dan Baturaja Barat.

Kegiatan restocking (mengisi kembali) tersebut dilakukan pihaknya dalam upaya menambah populasi ikan di Sungai Ogan agar bertambah banyak untuk memenuhi kebutuhan daging ikan bagi masyarakat di wilayah itu.

Baca juga: Hasto tebar benih ikan di Waduk Jatiluhur rayakan ulang tahunnya

Baca juga: Kediri tebar benih ikan di perairan umum wilayah kabupaten


Kegiatan itu yang rutin dilakukan pihaknya sejak tahun 2017, tercatat lebih dari 600 ribu benih ikan berbagai jenis mulai dari baung dan jelawat yang telah dilepas di perairan Sungai Ogan.

Melalui upaya-upaya ini diharapkan dapat meningkatkan populasi dan produksi ikan lokal yang sebelumnya mengalami penurunan akibat penangkapan yang ilegal sehingga kebutuhan masyarakat OKU dapat terpenuhi.

"Masyarakat juga kami imbau untuk melakukan penangkapan ikan dengan cara yang ramah lingkungan agar tidak membunuh ikan yang masih kecil sehingga populasinya tidak punah," ujarnya.*

Baca juga: KKP-FAO tebar benih puluhan ribu ikan endemik di Kampar Riau

Baca juga: Pemkot Jaktim tebar 18 ribu benih ikan di Waduk Setu

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022