Padang (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat Indra Dt Rajo Lelo mendorong Pemerintah Provinsi Sumbar untuk mengakuisisi tim sepakbola PSP Padang yang musim ini akan berlaga di kompetisi Liga 3 Indonesia tingkat Sumbar.

"Kita tentu mendukung langkah tersebut karena PSP Padang merupakan tim binaan pemerintah daerah dan jika dipegang oleh Pemprov Sumbar tentu akan semakin baik. Apalagi Gubernur Sumbar mantan Ketua Umum PSP Padang," kata dia di Padang, Sabtu.

Menurut dia Pemprov Sumbar memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari Stadion Haji Agus Salim, tempat penginapan untuk mes pemain, serta dukungan anggaran dari APBD Sumbar.

Pria yang menjadi manajer saat PSP Padang promosi ke Divisi Utama pada tahun 2007 ini mengatakan Pandeka Minang merupakan tim besar yang saat ini terpuruk dan bermain di kasta paling bawah Liga Indonesia. Mungkin saja melalui ini tim yang memiliki sejarah di sepakbola nasional ini kembali menuai prestasi bagus ke depannya.

Apalagi saat ini PSP Padang informasinya tidak mendapatkan lagi bantuan dari Pemkot Padang melalui dana hibah karena tahun lalu juga sudah dapat.

"Langkah ini tentu perlu dibicarakan lebih lanjut dan lebih bahkan perlu ada kajian bisnisnya," kata dia.

Baca juga: Pemkot Padang ingin bangun kandang baru untuk PSP Padang

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Sumbar itu mengatakan apabila hal ini terjadi,maka PSP Padang yang di bawah Pemprov Sumbar akan menampung seluruh talenta sepakbola yang muncul dari Ranah Minang.

"Mereka yang saat ini di SSB, tim-tim yang tersebar di Sumbar akan memperkuat PSP nantinya. Ini jika benar ingin menyelamatkan PSP Padang maka langkah ini harus dilakukan agar sejarah tim ini tidak hilang begitu saja karena tak ada dana untuk berkompetisi," katanya.

Indra mengaku akan mencoba berbicara dengan Wali Kota Padang Hendri Septa yang merupakan Ketua Umum PSP Padang untuk memperlancar persoalan ini.

"Ini kan baru wacana dan bisa saja terjadi dan bisa saja tidak terwujud, semua tergantung kesepakatan bersama," kata dia.

Sementara Sekretaris Umum PSP Padang Harris Dt Batuah mengatakan langkah Pemprov Sumbar untuk mengambil PSP Padang tentu perlu dikaji lebih dalam. Jika banyak manfaat yang akan didapatkan tentu kenapa tidak, Pemprov memiliki sarana dan prasarana lengkap yang dibutuhkan tim sepakbola.

"Kita perlu duduk bersama jika ini memang akan dilakukan karena untuk kemajuan sepakbola Sumatera Barat dan memfasilitasi anak-anak Sumbar untuk menjadi pemain profesional. Targetnya harus jelas yakni kembali ke Liga 1 untuk bersaing dengan tim lain di Indonesia," kata Harris.

Pria yang menjabat Bendahara Umum KONI Sumbar ini menambahkan PSP Padang tahun ini tidak mendapatkan dana APBD pada dan kondisinya tergantung Ketua Umum PSP Padang yang juga Wali Kota Padang Hendri Septa. Ditambah kompetisi Liga 3 regional Sumbar akan segera ditabuh dan PSP Padang harus segera diselamatkan.

"Pengurus masih menunggu arahan Ketua Umum yang notabene Wali Kota Padang Hendri Septa," ujarnya.

Baca juga: Ketua Asprov PSSI Sumbar minta Semen Padang bayar retribusi stadion
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022