Sleman, Yogyakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-16 Indonesia Bima Sakti mengingatkan agar para suporter Tanah Air menjunjung tinggi sikap sportif ketika mendukung skuadnya dalam Piala AFF U-216 2022 yang berlangsung di Yogyakarta mulai Minggu (31/7) besok.

"Kami berharap suporter memberikan dukungan secara sportif, apalagi kita sebagai tuan rumah," ujar Bima di Sleman, Yogyakarta, Sabtu.

Pemain timnas Indonesia era 1990-an itu mengingatkan bahwa skuad yang bermain di turnamen tersebut adalah timnas kelompok umur termuda.

Para pemain, Bima melanjutkan, idealnya ditunjukkan hal-hal positif. Untuk itu, para pendukung skuad "Garuda Asia" pun diingatkan untuk tidak menyalakan suar (flare) dan tidak melakukan hal-hal negatif lainnya.

Justru, Bima ingin agar pertandingan-pertandingan Piala Asia U-16 2022 menjadi momen suporter, khususnya di kawasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, untuk bersatu menunjukkan kekompakan.

"Mudah-mudahan semuanya bisa bergabung dan menunjukkan bahwa sepak bola dapat menjadi pemersatu. Suporter dari Sleman, suporter PSIM, suporter dari Bantul bersama mengenakan satu baju serupa yaitu seragam timnas," tutur Bima.

Baca juga: Bima targetkan tiga poin dari laga perdana Piala AFF U-16 2022

Piala AFF U-16 2022 yang berlangsung pada 31 Juli-12 Agustus diikuti oleh 12 negara yang dibagi ke dalam tiga grup.

Grup A dihuni Indonesia, Vietnam, Filipina dan Singapura. Grup B beranggotakan Thailand, Timor Leste, Laos dan Brunei Darussalam, sementara di Grup C ada Malaysia, Australia, Myanmar dan Kamboja.

Agar lolos ke semifinal, tim peserta harus menjadi juara grup atau menduduki peringkat kedua terbaik fase grup.

Untuk Indonesia, pertandingan pertama skuad Garuda Asia di turnamen tersebut adalah melawan Filipina pada Sabtu (31/7), kemudian menghadapi Singapura pada 3 Agustus, lalu menjajal kekuatan Vietnam pada 6 Agustus. Semua laga skuad "Garuda Asia" di Piala AFF U-16 2022 dimulai pukul 20.00 WIB dan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Timnas U-16 Indonesia sendiri berstatus juara Piala AFF U-16 pada tahun 2018. Thailand dan Vietnam merupakan negara tersukses di kompetisi tersebut dengan masing-masing mengantongi tiga gelar juara.

Baca juga: Pelatih: Timnas U-16 Vietnam siap hadapi tekanan penonton Indonesia
Baca juga: Bima Sakti: Timnas U-16 tak harus ikuti taktik Shin Tae-yong

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022