Posko pelayanan vaksinasi COVID-19 kami dirikan di depan Kantor Dinas Kesehatan provinsi yang berada di kawasan HBKB
Palangka Raya (ANTARA) -
Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah memanfaatkan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) untuk meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 dengan membuka posko pelayanan vaksinasi.
 
"Posko pelayanan vaksinasi COVID-19 kami dirikan di depan Kantor Dinas Kesehatan provinsi yang berada di kawasan HBKB," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kalteng Riza Syahputra dihubungi di Palangka Raya, Minggu.
 
Pelayanan vaksinasi yang diberikan meliputi dosis pertama, kedua dan ketiga atau penguat. Pelayanan yang Dinkes Kalteng berikan tersebut disambut antusias warga yang datang ke kawasan HBKB.
 
"Dari pelayanan vaksinasi dosis pertama hingga ketiga, terbanyak warga yang berpartisipasi untuk dosis ketiga," jelasnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng sediakan gerai vaksinasi bagi pengunjung objek wisata
 
Riza menjabarkan untuk pelayanan vaksinasi dosis pertama ada sebanyak empat orang, dosis kedua sebanyak enam orang, serta dosis ketiga sebanyak 69 orang.
 
Selama ini Dinkes Kalteng terus berupaya meningkatkan capaian vaksinasi, tak hanya secara pasif menunggu warga datang ke fasilitas kesehatan tetapi juga berinovasi dengan menggelar pelayanan di berbagai tempat strategis.
 
"Sebelumnya, selain di CFD ini, kami juga menggelar pelayanan vaksinasi di kawasan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran hingga Kalteng Expo di Palangka Raya," terangnya.
 
Menurutnya, selama ini dengan dilaksanakannya pelayanan vaksinasi pada tempat-tempat strategis atau agenda tertentu, selalu disambut antusias oleh warga sehingga jumlah penerima vaksin terus bertambah.

Baca juga: Pasien COVID-19 Kalteng jalani perawatan di RS tersisa empat orang
 
Dengan semakin bertambahnya jumlah masyarakat penerima vaksin COVID-19 di Kalteng, diharapkan herd immunity atau kekebalan kelompok yang terwujud di tengah masyarakat semakin optimal.

Adapun hingga saat ini sebanyak 2 juta lebih warga Kalteng telah menerima vaksin dosis pertama, sedangkan untuk dosis kedua yakni sebanyak 1,7 juta lebih warga, serta dosis ketiga sebanyak 500 ribu lebih warga.
 
Masyarakat juga diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan kendati di tengah berbagai pelonggaran yang telah diberikan, guna mencegah kembali naiknya kasus COVID-19.

Baca juga: Wali Kota apresiasi kinerja lurah pastikan wilayah nihil COVID-19

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022