Jambi (ANTARA) - Keberhasilan perenang muda Jambi Muhamad Dimas Suidarmanto (19) meraih medali emas pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Festival Aquatik yang berlangsung di Senayan Jakarta, pada 26-29 Juli 2022, menjadi modal utama cabang renang Jambi untuk bisa meraih medali pada PON 2024 Aceh-Medan.

Tim Manajer Aquatik Jambi, Syaiful Hendri di Jambi, Senin mengatakan keberhasilan Dimas meraih medali emas nomor gaya bebas 50m putra itu merupakan modal utama cabang renang Jambi untuk bisa meraih medali pada PON 2024 Aceh-Medan dan diusianya yang masuk muda tersebut kesempatan untuk mengukir prestasi di PON terbuka untuk Jambi.

Pada Kejurnas Festival Aquatik 2022 di Jakarta, perenang muda Jambi Dimas berhasil meninggalkan para seniornya pada final 50 meter gaya bebas putra dan berhasil meraih emas dengan catatan waktunya 24,31 detik. Sedangkan perenang nasional I Gede Siman Sudartawa (Riau) meraih perak dengan waktu 24,50 detik, sementara medali perunggu diraih perenang nasional lainnya Dwiki Anugrah (DKI Jakarta) dengan waktu 24,51 detik.

Baca juga: Jawa Timur pimpin klasemen medali sementara Kejurnas Akuatik 2022

Pada babak final nomor bergengsi tersebut, Dimas yang tidak diunggulkan mampu mengalahkan lawan-lawannya yang merupakan perenang nasional yang sudah mewakili Indonesia di ajang internasional.

"Muhamad Dimas Suidarmanto atlet asal Kabupaten Tanjungjabung Barat itu telah mampu membuktikan dan mengukir sejarah olahraga renang Jambi dipentas nasional dengan meraih emas 50 meter bebas putra dan menjadi kebanggaan tersendiri khususnya Jambi yang telah membuktikan hasil pembinaanya selama ini," tegas Syaiful Hendri.

Pengurus provinsi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (Pengprov PRSI) Kota Jambi mengirimkan 20 atlet dan pelatih maupun ofisial untuk mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Festival Aquatik di Senayan Jakarta, pada 26-29 Juli 2022.

Ketua PRSI Kota Jambi Wildan Lubis mengatakan, atlet terbaik yang dikirim ini diberi kesempatan untuk berkompetisi di tingkat nasional. Ke-20 atlet yang ikut kejurnas itu masing-masing terdiri atas 7 atlet renang dan 13 atlet polo air. Ketujuh atlet renang itu adalah Ahmad Sri Kaspun Najar, Dryhus Dzacky Damingtyas, Keysha Ghazzani Lubis, Muhamad Dimas Suidarmanto, Sara Aqlmira Hafiza, Tiara Puspa, dan Xania Putri Aria. Mereka mengikuti 26 nomor cabang perorangan.

Sementara untuk atlet polo air Kota Jambi yakni Diki Rahmat Juniarto, M Alif Adyas, Wildan A, Andika J, Didi JE, M Revald R, Endrianto DK, Damar P, M Abdan S, M Rivaldo, M Safan M Edi, M Nevier MA, Dafa Al Hadi. Sedangkan ofisial Tim Jambi adalah Syaiful Hendi (managar), Yusuf Budiman (kepala pelatih), Ossa Abdillah (asisten pelatih), Rian Rinaldo (asisten pelatih, Alfolso Robert Pello (wasit).

Baca juga: Lima rekornas kelompok umur tercipta pada hari kedua FAI 2022
Baca juga: Empat rekornas pecah pada hari pertama Festival Akuatik Indonesia 2022

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022