Jakarta (ANTARA) - Jawa Timur dipastikan menjadi juara umum cabang olahraga renang di kejuaraan nasional (Kejurnas) bertajuk Festival Akuatik Indonesia (FAI) 2023 di stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta yang dimulai pada 10 hingga 13 Juni.

Menurunkan total 40 kontingen atlet renang yang berisikan perenang senior dan banyak dihuni perenang muda merupakan salah satu kesiapan yang ditunjukkan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara.

Di hari pertama, Jawa Timur telah memimpin perolehan medali dengan mengoleksi 14 emas, lima perak dan enan perunggu. Peringkat kedua ditempati DKI Jakarta enam emas, 15 perak dan tujuh perunggu, sementara di peringkat ketiga ada Jawa Barat yang meraih enam emas tujuh perak dan empat perunggu.

Dominasi Jawa Timur tetap berlanjut di hari kedua, dua atletnya Mochamad Akbar Putra Taufik dan Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi memecahkan rekor nasional (rekornas) dalam kategori umur yang mereka ikuti.

Mochamad Akbar Putra Taufik grup 2 (14-15 tahun) di nomor 1500 meter gaya bebas putra dengan catatan waktu 16 menit 10 detik melampaui catatan rekor milik Ernest Febian Wijaya dengan catatan 16 menit 18 detik.

Baca juga: Mochamad Akbar Putra Taufik target lebihi catatan individu di FAI 2023

Atlet yang akrab disapa Akbar itu juga mempertajam rekornas grup 2 nomor 400 meter gaya bebas atas namanya sendiri dengan catatan terbaru 04 menit 03.97 detik.

Sementara Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi memecahkan rekor nasional grup 1 (16-18 tahun) gaya bebas 1.500 meter putri dengan catatan waktu 17 menit 18,74 detik menyalip catatan rekornas milik perenang Azzahra Permatahani dengan catatan waktu 17 menit 25 detik.

Di hari ketiga perolehan medali Jatim semakin tidak terkejar dengan koleksi 48 emas, 20 perak dan 16 perunggu. Peringkat kedua ditempati Jabar dengan 19 emas, 21 perak dan 20 perunggu serta peringkat ketiga dihuni oleh DKI Jakarta dengan 17 emas, 32 perak dan 26 perunggu.

Jatim dipastikan menjadi juara umum Festival Akuatik Indonesia 2023 untuk pertama kalinya sepanjang gelaran event dengan mengoleksi 68 medali emas, 24 perak dan 23 perunggu dengan total perolehan 115 medali.

Perolehan medali itu tak dapat dikejar oleh dua pesaing mereka, DKI Jakarta dan Jabar. Di klasemen akhir peringkat kedua ditempati oleh DKI Jakarta dengan perolehan 25 emas, 46 perak dan 31 perunggu. Peringkat ketiga ada Jawa Barat dengan 19 emas, 23 perak dan 29 perunggu.

Kemenangan perdana ini langsung disambut suka cita oleh para atlet, official team beserta suporter yang notabene sebagian besar dari sanak-saudara para atlet yang rela menonton langsung ke Jakarta demi memberikan spirit dan dukungan langsung.

Usai penyematan medali dan acara penutupan cabang olahraga renang, para atlet saling bersuka ria dengan swafoto bersama atau menceburkan rekan-rekannya ke kolam sebagai bentuk penghormatan.

Baca juga: Jatim juara umum renang di Festival Akuatik Indonesia 2023

Selanjutnya: Tampil menjanjikan

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023