Jakarta (ANTARA) - Perenang andalan DKI Jakarta Nicholas Karel Subagyo menyabet gelar atlet terbaik cabang olahraga renang kategori senior putra dalam Festival Akuatik Indonesia 2023 di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

Meski baru saja menorehkan tinta emas, atlet yang akrab disapa Nicholas itu sudah mengungkapkan keinginannya untuk tampil di Pekan Olahraga Nasional 2024 Aceh-Sumatera Utara dan menargetkan dapat menggondol medali di nomor 400 meter dan 1.500 meter.

"Saya berharap masuk tim DKI Jakarta untuk PON karena kami juga belum tahu hasilnya (kualifikasi tim PON 2024). Kalau saya masuk, maka saya menargetkan dua medali yaitu di nomor 400 meter dan 1.500 meter," kata Nicholas kepada pewarta, Selasa.

Di Festival Akuatik Indonesia 2023, perenang berusia 20 tahun itu meraih empat emas, dua perak, dan dua perunggu.

Perenang yang juga memperkuat kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja itu mengungkapkan tidak memiliki persiapan khusus untuk kejuaraan kali ini dikarenakan baru berselang satu pekan usai membela Merah Putih di pentas olahraga terbesar se-Asia Tenggara itu.

Baca juga: Adelia Cantika tak menyangka bisa pecahkan rekornas saat debut

"Persiapan latihan sebenarnya lanjut dari kesiapan sebelumnya jadi tidak ada kesiapan khusus karena saya juga baru pulang dari SEA Games (Kamboja) dan baru satu pekan istirahat lalu langsung lanjut ke lomba ini," ungkap Nicholas.

Mengenai perlombaan yang bakal ia hadapi, Nicholas yang saat ini terdaftar sebagai mahasiswa jurusan Teknik Industri Sampoerna University itu masih belum punya rencana dan ingin fokus pada studinya yang telah menginjak semester 5.

"Belum ada rencana untuk kejuaraan. Sementara ini mau lanjut kuliah sama latihan renang saja, tidak berhenti," kata Nicholas.

Pada cabang olahraga renang Festival Akuatik Indonesia 2023, DKI Jakarta berada di peringkat kedua dengan perolehan 25 emas, 46 perak, dan 31 perunggu.

Sedangkan juara umum diraih Jawa Timur yang mengumpulkan total 115 medali terdiri dari 68 medali emas, 24 perak, dan 23 perunggu.

Baca juga: Jatim juara umum renang di Festival Akuatik Indonesia 2023
Baca juga: Festival Akuatik Indonesia 2023 jadi ajang kualifikasi PON 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023