Jakarta (ANTARA) - Perenang muda andalan DKI Jakarta Adelia Cantika menjadi salah satu debutan terbaik yang tampil pada Festival Akuatik Indonesia 2023 di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa, salah satunya dengan memecahkan rekor nasional.

Di grup 3 (12-13 tahun) Adelia Cantika memecahkan rekor nasional di nomor 50 meter gaya bebas putri dengan catatan waktu 27,55 detik melampaui rekor lama milik Laila Siti Aminah dengan catatan 27,69 detik.

Pada awalnya, perenang yang akrab disapa Adel itu hanya berharap dapat memperbaiki catatan waktu pribadinya di kejuaraan nasional tersebut sehingga sama sekali tidak menyangka bisa memecahkan rekor nasional.

"Kesiapannya melalui lomba-lomba yang diikuti. Aku sebelumnya mengikuti lomba di Malaysia dan Solo. Aku jadi cuma dapat latihan selama dua minggu," kata Adel.

Baca juga: Jatim juara umum renang di Festival Akuatik Indonesia 2023

Selain memecahkan rekor nasional, Adel itu pun menjadi perenang terbaik kategori umum 3 putri usai memperoleh empat emas, empat perak, dan satu perunggu.

"Aku belum ada ekspektasi memperoleh medali. Aku juga nggak ekspektasi meraih penghargaan perenang terbaik (kelompok umur)," katanya.

Atlet muda berusia 12 tahun andalan DKI Jakarta itu selanjutnya berharap dapat menembus limit waktu untuk ajang SEA Ages 2023.

Pada cabang olahraga renang Festival Akuatik Indonesia 2023 itu, DKI Jakarta berada di peringkat kedua dengan perolehan 25 emas, 46 perak dan 31 perunggu.

Sedangkan juara umum diraih Jawa Timur yang mengumpulkan total 115 medali terdiri dari 68 medali emas, 24 perak, dan 23 perunggu.

Baca juga: Pelatih David Armadoni puas dengan penampilan atlet Jatim
Baca juga: Perenang Izzy Hefrisyanthi pecahkan rekornas gaya bebas 1.500 m putri

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023