Hal paling penting dalam transformasi adalah pembangunan karakter manusia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan fondasi karakter menjadi kunci bagi kemajuan, kemakmuran, dan nama Indonesia yang mendunia dengan berbekal perjuangan dan semangat kebangkitan yang dimiliki oleh para generasi muda.

"Hal paling penting dalam transformasi adalah pembangunan karakter manusia," ujarnya di hadapan 2.700 peserta Rekrutmen Bersama BUMN di Tennis Indoor Stadium Senayan, Jakarta, Rabu.

Erick menceritakan tentang perjalanan panjang generasi muda Indonesia di mana pada tahun 1928, anak muda bicara Indonesia satu. Kemudian tahun 1945, generasi muda memerdekakan Indonesia dan era perubahan saat ini generasi muda wajib menjadi fondasi bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Ia menyampaikan bahwa program bela negara yang telah diikuti oleh 2.700 peserta rekrutmen bersama BUMN adalah salah satu fondasi yang diharapkan sesuai dengan pembangunan karakter BUMN.

Melalui program bela negara, ribuan pegawai baru perusahaan pelat merah itu dididik untuk bekerja sama dengan baik, bersikap adaptif, harmonis dan kolaboratif, sama halnya dengan yang selalu ditekankan Erick kepada para direksi BUMN untuk bekerja sama dengan berbagai pihak seperti UMKM, swasta, dan asing untuk membangun ekosistem Indonesia.

Kementerian BUMN bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) berkolaborasi dengan tiga matra Tentara Nasional Indonesia (TNI) guna memberikan wawasan kebangsaan, penanaman integritas cinta Indonesia, dan menumbuhkan kedisiplinan seraya mengimplementasikan nilai-nilai AKHLAK sebagai core value BUMN.

Ribuan pegawai baru BUMN tersebut menerima pembekalan bela negara TNI AL Korps Marinir Cilandak, TNI AU Lanud Halim Perdanakusuma, Pusat Pendidikan Zeni (PUSDIKZI) Bogor, TNI AD Rindam Jaya Condet, dan TNI AD Kostrad Cilodong terhitung sejak 28 Juli sampai 2 Agustus 2022.

"Ini kenapa fondasi pembangunan karakter AKHLAK sekarang diterapkan sejak dini, salah satunya dalam program bela negara supaya generasi muda Indonesia punya kebersamaan, daya juang, dan mengerti cara bekerja di BUMN," kata Erick.

Rekrutmen Bersama BUMN memiliki peran penting untuk keberlanjutan kepemimpinan di BUMN karena perusahaan-perusahaan pelat merah memerlukan banyak figur muda yang tidak hanya memiliki kapasitas, tetapi juga AKHLAK yang baik.

Saat ini menjadi ajang pembuktian diri para pegawai baru BUMN untuk memberikan kontribusi bagi BUMN dan negara karena berkarya di perusahaan pelat merah akan memikul dua peran sekaligus, yakni revenue generator dan agent of development, di mana BUMN berperan sebagai penggerak sepertiga perekonomian Indonesia.

“Puluhan juta masyarakat Indonesia tentu ingin berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara kita, tetapi yang ada di sini semua merupakan generasi penerus bangsa yang mendapat amanah itu," kata Erick

"Tidak banyak yang mendapat kesempatan ini, hanya 2.700 terbaik yang bisa bergabung, artinya kita harus bertanggung jawab untuk pekerjaan kita, memberikan yang terbaik yang bisa kita berikan, dan bekerja pakai hati untuk menghasilkan yang terbaik,” pungkasnya.

Baca juga: Erick Thohir titip masa depan RI kepada 2.700 pegawai baru BUMN
Baca juga: Peruri borong penghargaan bidang SDM dan teknologi informasi
Baca juga: Erick Thohir sambut kehadiran pegawai baru BUMN

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022