bisa menular ke wilayah lainnya untuk memasifkan budaya membaca
Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin menggencarkan literasi di wilayahnya dengan menggandeng komunitas "Baca di Tebet" melalui acara Jali-Jali Festival 2022  di Sarana Square.

"Semua sudut usaha nantinya diberikan unsur literasi dan literatur untuk mendeklarasikan Jakarta Selatan sebagai kota baca," kata Wali Kota Munjirin saat ditemui, Jakarta, Rabu.

Munjirin berharap dengan adanya komunitas literasi seperti "Baca Di Tebet" bisa menular ke wilayah lainnya untuk memasifkan budaya membaca sehingga bisa menggencarkan Jakarta Selatan menjadi kota baca.

Munjirin menilai semua sudut usaha yang ada di Jakarta Selatan terbilang nyaman sebagai tempat berkumpulnya para anak muda. Sehingga juga cocok ditambahkan sudut membaca dengan menyediakan buku-buku bacaan.

Adapun kawasan yang enak untuk berkumpul disebutkan Munjirin yakni  Kemang, Senopati, dan Cipete yang terbilang strategis.

Nantinya kumpulan kawasan tersebut menciptakan kerukunan dalam gerakan sadar membaca yang juga digencarkan oleh Dinas Perpustakaan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta melalui acara Jali-Jali Festival 2022.

Munjirin mengapresiasi adanya acara yang diselenggarakan dari inovasi Dinas Perpustakaan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Perpustakaan Baca di Tebet semakin memantik untuk meningkatkan gerakan literasi di Jakarta Selatan.

Dengan mengusung tema "Membangun Literasi menuju Masyarakat Jakarta yang Berdaya dan Berkarya" diharapkan festival ini dapat menjadi titik awal peningkatan literasi masyarakat Jakarta sehingga memiliki daya saing di aspek kehidupan, kata dia.

Adapun rangkaian acara ini membudayakan budaya literasi melalui pameran literasi, bazar buku, pelatihan menulis, diskusi, hingga perpustakaan keliling yang diselenggarakan mulai dari tanggal 3 sampai 7 Agustus 2022.

Dengan demikian, Munjirin menegaskan kalau dirinya akan mematangkan Kecamatan Tebet sebagai wilayah sadar literasi sehingga bisa menular ke wilayah lainnya.

"Dimatangkan dulu di Tebet nantinya. Saya harap literasi membaca semakin meningkat," tuturnya.
Baca juga: Merawat pengetahuan di perpustakaan "Baca Di Tebet"
Baca juga: Tumbuhkan minat baca anak-anak dengan membaca nyaring
Baca juga: DKI luncurkan IKRA untuk mendorong budaya baca saat pandemi

 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022