mereka yang paling membutuhkan tes kesehatan
Jakarta (ANTARA) - Bumame Farmasi telah melakukan medical check up (pemeriksaan medis) bagi penduduk lanjut usia (lansia) di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3, Jakarta Selatan.

“Kami fokuskan ke lansia yang renta karena kita tahu bahwa faktanya, mereka yang paling membutuhkan tes kesehatan karena mereka yang sudah rentan dan punya penyakit dalam tubuhnya yang selama ini belum pernah terdeteksi,” kata Public Relation Bumame Jakarta Afifah Nurdin dalam acara CSR Grand Launch Bumame Health di Jakarta, Rabu.

Afifah menuturkan medical check up yang diberikan kepada lansia, meliputi pemeriksaan kolestrol, gula darah dan asam urat. Pemeriksaan dilakukan kepada 70 lansia yang sudah renta dan memiliki kondisi sudah tidak bisa beranjak bangun dari tempat tidurnya.

Pemeriksaan dilakukan oleh satu dokter umum Bumame dan lima tenaga kesehatan, serta digelar dalam tiga ruangan yang berbeda. Tes COVID-19 tidak diberikan karena disesuaikan dengan kebutuhan yang paling dibutuhkan para lansia.

Baca juga: Bumame hadirkan layanan kesehatan di dalam mal

Selain melakukan pemeriksaan, Bumame turut memberikan sejumlah alat kesehatan yang dapat menunjang kesehatan lansia yang tergabung dalam Warga Binaan Sosial (WBS) Dinas Sosial Jakarta, di antaranya yakni vitamin dan suplemen, kursi roda, alas tidur dan underpad (perlak).

Serah terima seperangkat alat kesehatan Bumame Farmasi pada pihak panti sosial yang dilakukan di Jakarta, Rabu (3/8/2022). ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti
Menurut Afifah, pemberian layanan kesehatan tersebut merupakan lanjutan acara dari diresmikannya dua inovasi layanan baru Bumame di dalam mal yakni apotek dan medical check up, yang diresmikan 28 Juli 2022 lalu.

Bersama dengan layanan tes COVID-19, kedua layanan baru itu diberi nama Bumame Health dan didirikan di Mal Hublife LG Floor, Jakarta Barat guna meningkatkan pemberian layanan kesehatan berkualitas kepada masyarakat.

Afifah menambahkan layanan medical check up sudah tersebar di 21 lokasi di daerah Jadetabek, Bandung dan Surabaya. Sementara Apotek baru hanya disediakan di Hublife.

“Siapa pun, kapan pun, bisa order segala macam kebutuhan kesehatan, diantar ke rumah langsung atau lokasi langsung tanpa adanya biaya tambahan. Kami berharap akan segera ada di daerah lainnya,” ucap dia.

Baca juga: PPPKMI periksa kesehatan lansia gratis di Pulo Gebang

Ia menekankan kesehatan merupakan hal krusial yang harus diperhatikan dan dibangun sejak usia dini seorang manusia. Dengan demikian melalui kegiatan CSR pada lansia itu, Afifah menyatakan tak menutup kemungkinan bila pihaknya akan melanjutkan program tersebut dengan target sasaran yang berbeda.

Afifah berharap melalui agenda CSR dan dua layanan baru yang pihaknya sediakan, dapat mempermudah layanan pemeriksaan baik tes COVID-19 hingga akses obat-obatan kepada masyarakat.

“Jadi akses kesehatan yang ingin kita tonjolkan di sini adalah ingin memudahkan setiap orang, untuk mengakses kesehatan secara menyeluruh. Bentuknya bukan hanya untuk orang yang mampu membayar, tapi juga orang berkebutuhan khusus kita berikan akses kesehatan yang lebih mudah dan semua orang bisa hidup lebih sehat,” ujar Afifah.

Baca juga: RSUP Persahabatan hadirkan layanan Geriatri bagi lansia
Baca juga: BKKBN: Kesehatan lansia perempuan perlu dikawal dengan kuat

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022