Pangururan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, dan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung melakukan kerja sama dalam upaya percepatan pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia di Kabupaten Samosir.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU antara Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama Rektor IAKN Tarutung Albiner Siagian tentang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga: Mahasiswa KKN-PPM UGM bantu inovasi bisnis kopi di Samosir

Bupati Samosir Vandiko T Gultom di Pangururan, Sabtu, mengatakan kesepakatan bersama ini berlaku selama 5 tahun melingkupi pendidikan, penelitian dan pengembangan, kebudayaan dan pariwisata, pertanian dan peternakan, sosial dan keagamaan, kesehatan, wawasan kebangsaan, dan pengabdian masyarakat.

Selain MoU dengan Bupati Samosir, IAKN Tarutung juga menjalin Memorandum of Agreement (MoA) dengan Dinas Pendidikan, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir. Masing-masing ditandatangani dan disaksikan langsung Bupati Samosir bersama Rektor IAKN.

Vandiko T Gultom merespons baik dan mengapresiasi kerja sama tersebut. Kerja sama ini dapat membangun SDM yang unggul juga bermartabat.

Baca juga: Pemkab Samosir-Telkom kerjasama bidang teknologi digital

"Dengan MoU dan MoA ini serta pelaksanaan KKN, para civitas IAKN dapat membantu Pemkab Samosir menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan bermartabat. Membantu kami dalam mewujudkan visi yaitu 'Terwujudnya Masyarakat Samosir yang Sejahtera dan Bermartabat Secara Ekonomi Kesehatan dan Pendidikan'," katanya.

Bupati menambahkan, MoU dan MoA merupakan kerja sama yang saling menguntungkan kedua pihak sehingga perlu dibina dan dipertahankan.

Rektor IAKN Tarutung Albiner Siagian mengatakan, IAKN merupakan salah satu institut yang direncanakan Menteri Agama menjadi universitas. Melalui MoU dan MoA, Albiner berharap Pemkab Samosir dapat menerima mahasiswa magang maupun mahasiswa KKN IAKN untuk mengabdikan diri di Kabupaten Samosir.

Baca juga: Puslitbang BMKG paparkan kajian mikrozonasi gempa bumi di Samosir

‌"Kami mendukung pembangunan di Kabupaten Samosir. Terima kasih sudah bekerja sama dengan IAKN. Semoga dengan kerja sama ini dapat menciptakan SDM yang unggul di Samosir. Kami mendukung Kabupaten Samosir menjadi Negeri Indah Kepingan Surga," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022