Laporan dari Kuala Lumpur

KJRI Johor Bahru menggelar Gebyar Kemerdekaan bareng WNI

KJRI Johor Bahru menggelar Gebyar Kemerdekaan bareng WNI

Kegiatan Gebyar HUT ke-77 Kemerdekaan RI di KJRI Johor Bahru, Malaysia, Sabtu (6/8/2022). (ANTARA/HO-KJRI Johor Bahru)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru menggelar Gebyar HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia bareng warga negara Indonesia (WNI) dari berbagai perwakilan dan organisasi masyarakat di Johor Bahru, Malaysia, Sabtu.

Gebyar Kemerdekaan tersebut untuk memaknai kemerdekaan Indonesia dengan mempertahankan semangat perjuangan pahlawan Indonesia, kata penjabat Kepala Perwakilan RI di Johor Bahru Andreza S Dasuki saat membuka acara di KJRI.

 Gebyar HUT Kemerdekaan RI di Johor Bahru diisi dengan berbagai kegiatan perlombaan dan pertandingan yang melibatkan masyarakat Indonesia, mulai dari pertandingan tenis meja, badminton, gaple, catur, karaoke, fashion show anak hingga perlombaan tradisional lainnya.

Seluruh pertandingan tersebut diselenggarakan di lingkungan KJRI dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Sambut HUT RI, diaspora Indonesia di San Francisco bersepeda bersama

Hadir dalam acara pembukaan tersebut adalah perwakilan dari organisasi masyarakat Indonesia yang berada di wilayah Johor Bahru, seperti Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Persatuan Masyarakat NTB, Info Warga Jember (IWJ), dan Persatuan Relawan Indonesia Maju (PRIM).

Selain itu, hadir pula para pelajar Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia di Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB), dan Universitas Terbuka Pokjar Johor.

Tidak mau kalah dari Citayam Fashion Week, KBRI menggelar Johor Bahru Fashion Week pada Jumat (5/8). Puluhan anak-anak dari KJRI Johor Bahru dan SIJB mengikuti lomba peragaan busana dengan nuansa warna merah dan putih.

Untuk kategori Comel, lomba diikuti anak-anak usia lima tahun, sedangkan untuk kategori Gemes diikuti anak-anak usia enam sampai dengan sembilan tahun. Sementara untuk kategori Manis diikuti anak usia 10 sampai 12 tahun.

Beberapa anak usia lima tahun yang masuk kategori Comel bahkan enggan turun dari panggung setelah memperagakan busana mereka. Beberapa di antara mereka didampingi para orang tua di atas panggung, sambil memegang bendera Merah Putih.

Perayaan Kemerdekaan Indonesia tahun ini sebagai momentum bersejarah Indonesia dalam sorotan dunia, sebagai tuan rumah G20. Kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan RI oleh WNI di pelosok Indonesia maupun di berbagai negara di dunia bertujuan untuk memantik semangat gotong royong seluruh elemen bangsa agar "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

Baca juga: Jejak nilai gotong royong dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI
Baca juga: HUT Ke-77 RI dimaknai dengan penguatan ketangguhan perekonomian

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar