Beijing (ANTARA) - Duta Besar Myanmar untuk China U Myo Thant Pe meninggal pada Minggu (7/8), menurut sejumlah sumber diplomatik.

U Myo Thant Pe merupakan dubes keempat yang meninggal di China dalam setahun terakhir dan terakhir terlihat saat pertemuan Sabtu dengan pejabat setempat di Provinsi Yunnan, China barat daya, yang berbatasan dengan Myanmar, demikian laporan media setempat.

Tiga diplomat yang mengetahui kabar kematian dubes mengatakan kepada Reuters bahwa U Myo Thant Pe meninggal pada Minggu selagi berkunjung ke Yunnan.

Sejumlah diplomat dan satu laporan di media Myanmar menyebutkan bahwa serangan jantung kemungkinan menjadi penyebab kematian dubes.

Baca juga: Dubes Myanmar kepada Inggris: tolak utusan junta militer

Kedutaan Besar Myanmar tidak langsung menanggapi permintaan untuk berkomentar.

U Myo Thant Pe ditunjuk sebagai dubes Myanmar untuk China pada akhir 2019 dan masih menjabat setelah militer Myanmar mengambil alih kekuasaan melalui kudeta Februari 2021.

Tiga pejabat tinggi asing lainnya untuk China juga meninggal tahun lalu.

Sebelumnya Dubes Jerman untuk China Jan Hecker, 54, meninggal pada September, kurang dari dua pekan setelah bertugas di Beijing.

Selain itu, Dubes Ukraina Serhiy Kamyshev, 65, wafat pada Februari selagi atau tak lama usai melakukan kunjungan ke lokasi Olimpiade Musim Dingin Beijing.

Dubes Filipina Jose Santiago "Chito" Sta. Romana juga mengembuskan napas terakhirnya pada April di Provinsi Anhui, China timur, pada usia 74 tahun.

Sumber: Reuters

Baca juga: Dubes Myanmar untuk PBB: Ada ancaman, keamanan ditingkatkan
Baca juga: Inggris izinkan Dubes Myanmar Kyaw Zwar Minn untuk tetap tinggal

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022