Jakarta (ANTARA) - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Program Jabar Juara Kota Bekasi mengikuti pelatihan pembayaran digital oleh Sooltanpay sebagai bagian dari rangkaian pelatihan untuk pelaku UMKM di Jawa Barat.

"Acara pelatihan ini digelar dalam rangka Hari UMKM Nasional yang jatuh pada 12 Agustus 2022," kata salah satu pendamping UMKM Jabar Juara Kota Bekasi Anggorokasih secara virtual, Selasa.

Anggoro menyampaikan, terdapat 135 UMKM Jabar Juara Kota Bekasi yang akan difasilitasi pembuatan aplikasi pembayaran digitalnya menggunakan Sooltanpay.

Aplikasi tersebut nantinya akan digunakan para pelaku UMKM sebagai alat pembayaran saat menggelar bazar di Blue Plaza, Bekasi Timur.

Adapun bazar yang diselenggarakan tersebut merupakan salah satu dari rangkaian pelatihan oleh Program Jabar Juara kepada pelaku UMKM di Kota Bekasi untuk menjadi UMKM yang berdaya dan naik kelas.

Rangkaian pelatihannya sendiri dimulai sejak Juni 2022 hingga September 2022, yang mengajarkan berbagai macam materi, termasuk pelatihan pembayaran digital dan penyelenggaraan bazar.

Pelatih dari Sooltanpay Merysa menyampaikan, pembayaran digital menjadi sebuah gaya hidup baru masyarakat modern.

Untuk itu, aplikasi yang menjadi sponsor utama bazar tersebut, memperkenalkan keunggulan pembayaran secara digital melalui aplikasi.

"Ini merupakan aplikasi dari Telkom yang baru diluncurkan dan belum ada satu tahun, dan bertujuan untuk membantu UMKM dalam melakukan berbagai kebutuhan pembayaran," kata Mery.

Dengan melakukan pendaftaran akun dan memperbarui akun pada aplikasi tersebut, pelaku UMKM dapat melakukan berbagai transaksi secara digital, termasuk mengunduh fitur Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) agar bisa menerima pembayaran.

"QRIS dapat digunakan satu hari setelah registrasi dan pembaruan akun. Ini sangat mudah dan dapat membantu para pelaku UMKM," tukas Mery.

Baca juga: BI : Sistem pembayaran jadi tulang punggung ekonomi digital

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022