Solok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat akan melaksanakan upacara bendera hari kemerdekaan RI ke-77 di puncak Gunung Talang pada ketinggian 2.597 meter di atas permukaan laut yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Bupati Epyardi Asda di Arosuka, Selasa mengatakan perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia nanti akan digelar di puncak Gunung Talang.

Bupati Solok Epyardi bersama puluhan ribu masyarakat akan mengibarkan Bendera Merah Putih di puncak Gunung Talang.

Selain pengibaran Bendera Merah Putih yang dipimpin langsung Epyardi sebagai inspektur upacara, dilakukan juga penyerahan beasiswa kepada siswa berprestasi di Kabupaten Solok.

Di samping itu, menurut Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Solok Teta Midra upacara bendera tahun ini memang akan dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Tim Polda Sumsel sukses kibarkan merah putih di Gunung Dempo

Baca juga: Golkar DKI kibarkan Merah Putih di puncak Gunung Sindoro


"Peringatan HUT RI ke 77 kali ini akan dilaksanakan di puncak Gunung Talang, dan dipimpin secara langsung oleh bapak Bupati Solok," ujar dia.

Dalam hal ini Bupati Solok akan tracking langsung mendaki Gunung Talang bersama komunitas pencinta alam maupun masyarakat Kabupaten Solok.

“Selain memperingati HUT RI ke 77 bentuk penghargaan kita kepada para pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan Republik Indonesia," kata dia.

Selain itu, hal tersebut juga bentuk nyata pemerintah daerah hadir langsung ke tengah-tengah masyarakat sebagai pelayan publik.

"Nanti setiap pendaki juga wajib membawa bendera kecil untuk bersama dikibarkan dan pulangnya wajib membawa sampah masing-masing," kata dia.

Selain itu, juga bentuk kegiatan nyata dalam mempromosikan destinasi wisata alam gunung talang yang begitu mempesona serta masyarakatnya nan elok dan berbudaya.

Baca juga: Bendera raksasa dibentangkan di kaldera Gunung Bromo

Baca juga: TNI pasang bendera raksasa di Gunung Pawa


 

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022