Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Memasuki pekan kedua pada Agustus 2022, Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sukabumi, Jawa Barat, mencatat pada Selasa, (9/8) kasus Covid-19 di sana berangsur menurun.

"Dari 24 warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada Senin, (8/8), di Selasa, (9/8) jumlah pasiennya berkurang menjadi 21 pasien dan saat ini sebagian tengah menjalani isolasi di rumah sakit dan mandiri," kata Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Sukabumi, Wahyu Handriana, di Sukabumi, Selasa.

Baca juga: Belum ada warga Sukabumi yang tertular Omicron subvarian baru

Adapun rincian perkembangan kasus Covid-19 pada Selasa ini untuk warga yang dinyatakan sembuh sebanyak empat orang dan ada penambahan satu warga yang terkonfirmasi positif. Dari 21 pasien yang terinfeksi virus mematikan ini enam pasien masih menjalani isolasi atau perawatan di rumah sakit rujukan di Sukabumi dan 15 pasien menjalani isolasi mandiri.

Menurut dia, kasus Covid-19 di Sukabumi dalam beberapa pekan terakhir ini masih berfluktuasi terkadang terjadi penambahan, tetapi di hari kemudian jumlahnya berkurang. Meskipun kasusnya bisa dikatakan sudah semakin melandai, tetapi seperti diketahui Covid-19 masih belum akan sirna dalam waktu dekat.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Kota Sukabumi Jabar bertambah lagi

Bahkan seperti diketahui saat virus yang pertama kali merebak di Wuhan, China, itu terus bermutasi bahkan varian Omicron saat ini sudah ada subvarian barunya, meskipun sampai sekarang pihaknya belum menemukan adanya warga yang tertular subvarian baru itu.

Maka dari itu, pihaknya tidak henti-hentinya mengimbau dan mengingatkan kepada seluruh akan pentingnya disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) minimal mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah apalagi di lokasi-lokasi keramaian atau kerumunan.

Baca juga: Capaian vaksinasi tinggi, Kapolda Jabar apresiasi warga Kota Sukabumi

"Virus ini masih berada di sekitar kita, jangan lengah serta tidak menganggap enteng keberadaannya dan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan khususnya saat beraktivitas di lokasi rawan penyebaran Covid-19," tambahnya.

Adapun data perkembangan Covid-19 sejak 1 Januari hingga 9 Agustus 2022, untuk total warga yang terkonfirmasi positif mencapai 3.164 pasien, sembuh 3.136 pasien, masih menjalani isolasi 21 pasien dan meninggal tujuh pasien.

Baca juga: Zona hijau, kasus COVID-19 Kota Sukabumi masih bertambah

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022