Ini merupakan kegiatan pendampingan pelaku UMKM
Bekasi (ANTARA) - Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berjumlah puluhan mengikuti kegiatan Grand Bazar UMKM Jabar Juara 2022 di Blu Plaza, Kota Bekasi, Jawa Barat, pada 12 - 13 Agustus 2022.

"Harapannya UMKM khususnya yang ada di Bekasi, umumnya di Jabar bisa bangkit meningkatkan potensi SDM maupun produknya," kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bekasi Wiwiek Hargono Tri Ardhianto saat membuka kegiatan di Bekasi, Jumat.

Istri Plt. Wali Kota Bekasi itu menambahkan kegiatan tersebut digelar untuk merayakan Hari UMKM Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Agustus.

Dia mengatakan Pemerintah Kota Bekasi juga siap memberikan dukungan kepada pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya melalui kegiatan seperti ini.

"Hal-hal seperti ini harus sering dilakukan dan kita pemerintah siap mendukung," ujar Wiwiek.

Sementara itu, Koordinator Daerah Pendamping Jabar Juara Kota Bekasi, Afif Ridwan mengatakan ada sebanyak 50 pelaku UMKM dari berbagai jenis usaha yang membuka stan dalam kegiatan tersebut.

Mereka adalah peserta program UMKM Jabar Juara Kota Bekasi. UMKM Jabar Juara merupakan program yang digagas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang bertujuan untuk mejadikan pelaku usaha mikro naik kelas.

"Ini merupakan kegiatan pendampingan pelaku UMKM Jabar Juara. Kita ada pelatihan, pendampingan, ini dalam rangka pendampingan bagaimana mereka menjadi EO dalam kegiatan besar," ujar Afif.

Tak hanya bazar yang menampilkan aneka produk UMKM, kegiatan tersebut juga diisi dengan berbagai acara menarik seperti bincang motivasi bersama selebritas Dik Doank.

Ada juga kegiatan demo masak yang menghadirkan Dara MasterChef hingga seminar kesehatan dan aneka perlombaan menarik.

"Kegiatan ini baru kali ini diadakan. Bahkan di Jawa Barat baru ini di Bekasi. Ini bisa jadi role model di Jawa Barat," tutur Afif.
Baca juga: Bazar Kreasi Bhayangkari Nusantara gerakan dukung perekonomian
Baca juga: Pemkot Jaktim dan PT Pos Indonesia gelar pelatihan digital bagi UMKM
Baca juga: Pemkot Jakpus berikan pembekalan komunikasi bagi pelaku UMKM

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022