Klungkung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung, Bali, mengawali peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI dan Hari Jadi Ke-64 Provinsi Bali dengan persembahyangan bersama di Pura Jagatnatha, Kabupaten Klungkung.

Keterangan tertulis dari Humas Pemkab Klungkung yang diterima di Klungkung, Sabtu, menyebutkan persembahyangan HUT RI yang dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, forkompinda, dan jajaran OPD pada Jumat (12/8) itu, bertepatan dengan Purnama Karo.

Persembahyangan bersama itu rutin dilaksanakan mengawali peringatan HUT Kemerdekaan RI untuk memohon keselamatan kepada Tuhan di Pura Jagatnatha agar dalam rangkaian peringatan HUT RI dengan puncak 17 Agustus bisa berjalan lancar.

"Mari bersama-sama meningkatkan srada bakti ke hadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa dari sisi skala dan niskala, semoga pelaksanaan perayaan HUT Kemerdekaan RI bisa berjalan dengan sebaik-baiknya," kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Dibuka

Sementara itu, tempat melukat Tirta Pasekan telah kembali dibuka untuk masyarakat umum, setelah akses jalan menuju tempat melukat Tirta Pasekan ini sempat terhalang akibat abrasi saat banjir memenuhi aliran air Tukad Unda.

Berkat bantuan Balai Wilayah Sungai (BWS) dan Masyarakat Desa Akah, penataan pada Tirta Pasekan dapat dilakukan dan akses menuju Tirta Pasekan kini sudah bisa dilalui. Tirta Pasekan ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit dan dapat digunakan untuk melukat pada perempuan yang sedang mengandung.

Masyarakat sekitar menggunakan Tirta Pasekan saat Pujawali Ida Bhatara Mesucian, Ida Bhatara akan "tedun" ke Beji Tirta Pasekan untuk "nunas tirta beji" dan untuk melukat.

Bertepatan dengan Rahina Purnama Karo, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta didampingi istri, Sri Kasta, melaksanakan kegiatan melukat pada Tirta Pasekan bertempat di Banjar Sangging Desa Akah, Jumat (12/8).

"Dengan adanya bantuan dari BWS dan masyarakat Desa Akah, ke depannya semoga Tirta Pasekan dapat digunakan dalam membantu keberadaan Desa Wisata Akah," kata Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta selaku salah satu tokoh masyarakat Desa Akah.

Baca juga: Gema HUT Kemerdekaan RI dari Stadion Pamekasan
Baca juga: Pemkab Pamekasan bagikan 641 bendera untuk memeriahkan Kemerdekaan RI
Baca juga: Pemkab Manggarai gelar misa jelang HUT ke-77 RI

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022