pesta kemerdekaan bangsa hendaknya bisa digelar dengan meriah
Pamekasan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur membagikan sebanyak 641 bendera kepada para ketua RT agar di pasang di rumah-rumah warga untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini.

"Bendera sebanyak 641 yang kami bagikan ini merupakan sumbangan dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pamekasan, bank dan Badan Usaha Milik Daerah di Pamekasan ini," kata Bupati Pamekasan Baddrut Tamam di Pamekasan, Jumat.

Ia menjelaskan, pihaknya sengaja meminta OPD di lingkungan Pemkab Pamekasan menyediakan bendera, lalu dibagikan kepada masyarakat agar momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI di Pamekasan meriah.

Sebab, sambung budaya, selama dua tahun kegiatan memperingati HUT Kemerdekaan RI digelar secara sederhana akibat pandemi COVID-19.

"Saat ini COVID-19 sudah reda, maka dari itu, pesta kemerdekaan bangsa hendaknya bisa digelar dengan meriah, akan tetapi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: Mendagri bagikan Bendera Merah Putih di Kabupaten Merauke
Baca juga: Jambi kibarkan 1.000 bendera di atas Sungai Batanghari

Pembagian bendera oleh Pemkab Pamekasan pertama kali digelar pada 10 Agustus 2022 di Mandhepa Agung Ronggosukowati Pamekasan untuk masyarakat di Kecamatan Pamekasan. Selanjutnya bergerak ke 12 kecamatan lain di Kabupaten Pamekasan.

Bupati juga mengajak masyarakat bersama-sama memeriahkan hari ulang tahun republik Indonesia yang ke 77 sebagai wujud syukur dan penghormatan terhadap para pahlawan.

Sebab, menurut dia, berkat perjuangan para pahlawan yang rela mempertaruhkan nyawa, Indonesia bebas dari kungkungan para penjajah.

"Kita harus memiliki nasionalisme yang tinggi, Indonesia ini merupakan negara yang aman, nyaman , dan tentram, lantas nikmat apa lagi yang kau dustakan, para pendahulu kita telah berjuang untuk negeri ini," kata dia.

Ia juga menyampaikan, bahwa beberapa daerah di Indonesia merayakan kemerdekaan Indonesia dengan aneka kegiatan, seperti doa bersama, lomba permainan dan lain-lain yang tujuannya memberikan penghormatan terhadap para pejuang, serta rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diraih bangsa ini.

Sementara itu, beragam kegiatan lomba digelar pemkab di berbagai tingkatan mulai dari pemerintah di tingkat kabupaten, kecamatan hingga di tingkat desa. Tujuannya untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

Baca juga: Pemkab Pasaman Barat bagikan bendera ke masyarakat meriahkan HUT RI

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022