Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar gerak jalan dan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih untuk memeriahkan Hari Jadi ke-72 Provinsi Kalsel dan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Gerak jalan yang bermula dari halaman Gedung Pancasila lalu berkeliling di jalan protokol Kota Banjarmasin tersebut langsung dilepas Gubernur Kalsel Dr (HC) H Sahbirin Noor, Ahad.

Sebelum melepas peserta gerak jalan, Gubernur didampingi Ketua DPRD Kalsel H Supian HK menyerahkan secara resmi gerakan pembagian 10 juta bendera sang Saka Merah Putih ke perwakilan masyarakat.

Penerima pembagian 10 juta bendera Merah Putih tersebut adalah Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembaharuan Kebangsaan, Komite Nasional Pemuda Indonesia, Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Menwa Suryanata Kalsel.

Baca juga: Banjarmasin tampilkan batik khas Kalsel di Dekra Show

Baca juga: Babinsa dan Bhabinkamtibmas nonton bareng di bioskop pada HUT TNI


Selain itu dibagikan pula ke 13 kabupaten/kota di provinsi Kalsel untuk diserahkan ke masyarakat agar seluruhnya mengibarkan bendera Merah Putih sebagai semangat menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

Menurut Gubernur, perayaan hari jadi ke-72 provinsi yang tepatnya 14 Agustus yang berdekatan dengan HUT ke-77 RI pada 17 Agustus pada 2022 itu disemarakkan dengan pengibaran Merah Putih dan menjaga keutuhan NKRI.

Karenanya, perayaan hari jadi Provinsi Kalsel selalu lekat dengan kemerdekaan, di mana ini harus terus digerakkan dan digelorakan sebagai tanda syukur atas semua nikmat yang sudah diberikan sang kuasa.

"Kita meriahkan peringatan hari jadi provinsi dan HUT RI ini dengan pesta rakyat," ujar Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel tersebut.

Kemeriahan hari jadi ke-72 Kalsel dan HUT RI ke-77 di mulai pada Jumat malam dengan digelarnya Festival Pasar Terapung di Sungai Martapura dengan menampilkan kapal dan jukung hias.

Selain itu digelar pula lomba masak tingkat pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkungan Pemprov Kalsel, yakni, masakan khas Banjar, masak Bom.

Pada hari ini, selain gerak jalan dan gerakan pembagian 10 juta bendera Merah Putih, juga digelar Festival Olahraga Tradisional sepanjang Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Puncak kemeriahan hari jadi ke-72 Kalsel dan HUT ke-77 RI ini dengan konser Raja Dangdut H Roma Irama di Objek Wisata Kiram Park di Kabupaten Banjar pada Ahad malam ini.*

Baca juga: Kapolda Kalsel: Polwan kini duduki posisi strategis

Baca juga: Sebanyak 180 napi di Kalsel bebas saat HUT Kemerdekaan RI

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022