Menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua setelah 77 tahun Indonesia merdeka untuk mahirkan generasi muda yang tangguh.
Jakarta (ANTARA) -
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 mengajak semua pihak untuk menggelorakan mewujudkan tujuan dari Indonesia merdeka.
 
"Mari kita gelorakan semangat untuk mewujudkan tujuan Indonesia merdeka," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.
 
Ia menegaskan bahwa tujuan Indonesia merdeka adalah menjadi negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur serta melaksanakan amanah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
 
Selanjutnya, kata dia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
 
"Menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua setelah 77 tahun Indonesia merdeka untuk mahirkan generasi muda yang tangguh, unggul, bersatu, dan optimistis," ucap Bamsoet.
 
Dengan demikian, lanjut dia, memiliki kesiapan untuk mengambil alih estafet kepemimpinan nasional guna mewujudkan cita-cita bangsa menuju era Indonesia Emas 2045.
 
Bamsoet menyatakan bahwa sudah sepatutnya memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada para pejuang bangsa yang telah mengorbankan tenaga, harta, bahkan jiwanya.
 
"Sampailah kita kepada saat yang berbahagia, dengan selamat sentosa, mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur," katanya.
 
Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Selasa pagi, menggelar Sidang Tahunan 2022 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 RI di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara.
 
Dalam rangkaiannya, Sidang Tahunan MPR akan dibuka dengan agenda Pidato Presiden RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022.
 
Pidato Presiden RI tersebut dalam rangka penyampaian keterangan Pemerintah atas RUU APBN Tahun Anggaran 2023 beserta nota keuangan pada rapat paripurna pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2022—2023.

Baca juga: Puan Maharani kenakan kain batik tulis bermotif Semen Rama
Baca juga: Bambang Soesatyo buka Sidang Tahunan MPR RI

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022