Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengingatkan warga tetap mematuhi protokol kesehatan saat merayakan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 di daerah itu.

"Silakan menggelar agenda lomba untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki di Batang, Selasa.

Meski saat ini Kabupaten Batang berada pada PPKM Level 1, katanya, bukan berarti masyarakat sudah bebas tanpa batas dari penularan virus itu. Oleh karena itu, saat merayakan HUT RI warga setempat harus tetap patuh terhadap protokol kesehatan.

"Level 1 itu boleh kita melakukan aktivitas namun tetap menerapkan prokes. Jangan sampai yang sudah masuk level 1 kita lengah dan masuk kategori level 2," katanya.

Pemkab sudah menyiapkan sejumlah agenda dalam rangkaian menyambut HUT Kemerdekaan RI antara lain menggelar sepeda sehat yang diikuti seluruh kepala organisasi perangkat daerah, camat, dan pegawai purnatugas pada 19 Agustus 2022.

Baca juga: Dinkes OKU gelar pengobatan gratis semarakkan HUT RI

Kegiatan dilanjutkan lomba sepeda hias yang diikuti khusus pelajar dan perwakilan organisasi perangkat daerah.

"Yang jadi catatan, khusus karnaval pembangunan belum bisa digelar. Memang untuk sebagian kecamatan ada yang sudah menggelar karnaval sebagai wujud kegembiraan warga menyambut HUT RI," katanya.

Lani Dwi Rejeki mengimbau seluruh masyarakat bersama-sama memperingati HUT RI di daerah itu dengan penuh semangat dan menjadikan peringatan itu sebagai kesempatan yang baik untuk menanamkan jiwa cinta Tanah Air

"Silakan merayakan HUT RI dengan kreasi masing-masing, mulai dari tingkat RT, desa, hingga kecamatan. Namun, kami ingatkan warga tidak lengah dengan menerapkan prokes," katanya.

Baca juga: Warga lereng Merbabu bentangkan bendera Merah Putih raksasa
Baca juga: Menko PMK jadi inspektur upacara HUT RI di Ponpes Ngruki

Pewarta: Kutnadi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022