Jakarta (ANTARA) - Anak usaha Badan Usaha Milik Daerah Provinsi DKI Jakarta PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Taman Impian Jaya Ancol, menyuguhkan karnaval bagi pengunjung pada setiap unit rekreasinya untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia (HUT ke-77 RI).

Di unit rekreasi Ocean Dream Samudra, Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol Budi Ariyanto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, mengatakan pengunjung disuguhkan aksi lucu dari Singa Laut yang akan bermain dalam pertunjukan teatrikal bernuansa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Pertunjukan itu bisa disaksikan pada pukul 10.00 WIB.

Di unit rekreasi Dunia Fantasi, Ancol menyiapkan Drama Musikal bertema Sang Jendral akan menghibur pengunjung di area wahana Dinoland yang dimulai pukul 13.30 WIB.

Pada pukul 14.30 WIB pengunjung bisa menyaksikan parade kemerdekaan di Panggung wahana Hysteria yang diselingi juga dengan lomba balap karung dan makan es krim.

Baca juga: HUT RI, Ancol gelar lomba dari panjat pinang hingga makan es krim

Di unit rekreasi Atlantis, Ancol pun menyiapkan sebuah pertunjukan tentang perjuangan putri duyung melawan bajak laut yang suka menjajah, yang diberi nama 'Mermaid Adventures at Atlantis'.

Budi memberi sedikit petunjuk bahwa si putri duyung akan mendapatkan sedikit pertolongan dari petugas angkatan laut untuk mengalahkan para bajak laut tersebut.

Jika pengunjung tertarik, bisa membeli tiket Atlantis untuk menyaksikan drama itu pada 13.15 WIB.

Sebelumnya, pengunjung Atlantis dapat menikmati suguhan Tarian Gembira (Fun Dance) dari para petualang air yang dimulai pukul 12.45 WIB.

Parade Akbar Kemerdekaan juga akan menghibur pengunjung di area Symphony of The Sea mulai pukul 16.00 WIB.


Baca juga: Lomba di Kalimalang jadi wisata, Pemkot Jaktim: Itu wewenang BBWSCC

Parade itu akan menampilkan beragam atraksi mulai dari drumben, parade mobil, kostum pahlawan nasional hingga para karakter kekayaan intelektual (intellectual property) Taman Impian Jaya Ancol yakni Dufan dan Dufi.

Selain itu, Budi mengimbau pengunjung jangan sampai melewatkan area Beachpool, karena di sana terdapat pertunjukan papan terbang atau Flying Board Show yang memukau dengan atraksi yang seru untuk ditonton pada pukul 15.30 dan 17.00 WIB.

Budi mengatakan manajemen Ancol juga menyiapkan air mancur yang dapat menari-nari mengikuti lagu kemerdekaan disertai permainan lampu warna warni di malam hari kawasan Bundaran Timur Ancol, kawasan Symphony of The Sea.

Terakhir ada perhelatan musik melayu Jakarta Melayu Festival (JMF) bergema di pantai Ancol Beach City pada 17 Agustus 2022 mulai pukul 19.00 WIB.

Festival musik itu mengusung tema 'Teurimong Geunaseh' yang berarti 'terima kasih' dalam bahasa Aceh kepada garda terdepan di masa pandemi COVID-19.

Baca juga: HUT RI, Ancol kembali gelar upacara bendera di akuarium bawah laut

Produser JMF 2022 Geisz Chalifah mengatakan musisi melayu Erie Suzan, Mustafa Balasyik, Sulis, Alfin Habib, Nong Niken dan lainnya akan menghibur para pengunjung dengan tampilan musik melayu yang lebih modern di panggung musik luar ruangan (outdoor) berkapasitas 20.000 penonton.

"Tingkat kemewahan tata audio dan pencahayaannya kami buat sama seperti konser-konser kelas atas lainnya. Kami melakukan apapun enggak setengah-setengah," kata Geisz.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022