Ternate (ANTARA) - Sebanyak 77 orang penyelam yang tergabung dalam berbagai elemen kemaritiman dan komunitas penyelam menggelar upacara detik-detik HUT Proklamasi ke-77 di bawah laut Pantai Falajawa Ternate, Rabu.

Dalam upacara itu, Danlanal Ternate, Letkol Mar Ridwan Aziz bertindak sebagai inspektur upacara pada pengibaran bendera
Danlanal Ternate, Letkol Mar Ridwan Azis saat menerika Bendera Merah Putih akan dikibarkan pada upacara detik-detik HUT Proklamasi ke-77 di bawah laut Pantai Falajawa Ternate, Rabu (Abdul Fatah)
 Merah Putih di bawah laut Pantai Falajawa 2 Ternate diikuti oleh 77 orang 11peserta upacara pada kedalaman 12 meter.

Danlanal Ternate, Letkol Mar Ridwan Aziz mengatakan, para penyelam ini berasal dari unsur TNI-AL, Basarnas, Polairud hingga Polres Ternate dan sejumlah komunitas selama di Kota Ternate menggelar upacara bendera di dasar laut pantai Falajawa 2 Ternate.

Kegiatan upacara yang dilaksanakan secara serentak terpusat di Jakarta dan diikuti oleh sejumlah Provinsi termasuk di Kota Ternate tersebut merupakan kegiatan dalam memeriahkan Kemerdekaan RI ke-77 pada 17 Agustus 2022.

Karena itu, Danlanal Ternate menyatakan, perayaan HUT Proklamasi bawah laut ini merupakan momentum dalam menjaga kelestarian laut bersama-sama dengan cara tidak membuang sampah di laut.

Baca juga: Enam penyelam kibarkan Merah Putih di bawah laut Sabang

Baca juga: Komunitas selam Biak kibarkan Merah Putih di dasar laut


Dia mengajak semua komunitas selam dan warga Malut bersama-sama menjaga laut karena di dalam ada berbagai sumber hayani yang harus dirawat.

Sementara itu, Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (FOSSI) Malut, Rahmi Husen menyatakan seluruh komunitas selam dan instansi terkait bersama-sama merayakan HUT Kemerdekaan dengan melakukan upacara bawah laut.

Dia menyatakan, dari 77 titik perayaan HUT Proklamasi bawah laut di Indonesia, untuk Provinsi Malut sendiri dilaksanakan di dua titik yakni Pulau Morotai dan Pantai Falajawa Ternate.

Bahkan, dari seluruh wilayah Indonesia, Malut merupakan paling banyak menyumbangkan para penyelam yang ikut meriahkan upacara peringatan HUT Proklamasi ke-77 di bawah laut.

Baca juga: Penyelam wanita di Raja Ampat kibarkan bendera di bawah laut

Baca juga: 77 penyelam kibarkan Bendera Merah Putih di Taman Laut Pandanan Lombok


 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022