Gorontalo (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Gorontalo melakukan pengibaran bendera merah putih dan bendera pengayoman di bawah laut, objek wisata Desa OIele, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Rabu.

Kepala Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Heni Susila Wardoyo usai kegiatan mengatakan pengibaran bendera dilakukan dalam rangka peringatan HUT Republik Indonesia dan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) ke-77.

Ia menjelaskan, kegiatan itu juga merupakan bentuk kepedulian jajaran Kanwil Gorontalo untuk menggelorakan serta mempromosikan keindahan bawah laut Olele.

Sekaligus sebagai kampanye kepada seluruh masyarakat khususnya jajaran Kanwil Kemenkumham agar senantiasa selalu menjaga kelestarian lingkungan seperti halnya terumbu karang dan biota laut lainnya.

Hal itu kata Kakanwil untuk menjaga agar ekosistem bawah laut tetap lestari dan terhindar dari kerusakan.

"Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di Kemenkumham, saya selaku pimpinan Kanwil Gorontalo mengapresiasi kerja keras, inovasi dan kreatifitas seluruh jajaran," ucap Heni.

Pengibaran bendera merah putih tersebut dilaksanakan pada kedalaman 15 sampai dengan 20 meter di bawah laut.

Untuk pengibaran bendera merah putih di bawah laut pada umumnya sudah sering dilaksanakan baik oleh instansi maupun masyarakat pecinta selam, namun khususnya di Kementerian Hukum dan HAM, baru pertama kali dilaksanakan di seluruh Indonesia, pengibaran bendera merah putih dan bendera pengayoman di bawah laut.

Turut hadir dalam pengibaran bendera merah putih dan bendera pengayoman, Kepala Kanwil Kemenkumham Gorontalo Heni Susila Wardoyo, Kepala Divisi Keimgrasian Andry Indardy, Kepala Divisi Yankumham Hadiyanto, Kepala Bagian Umum Candrafriandi Achmad dan pejabat fungsional dan pelaksana pada Kanwil Kemenkumham Gorontalo.

Untuk pengibaran bendera dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Keimigrasian, dengan arahan dan pengawasan dari instruktur Komunitas Selam Scuba Salvador Gorontalo.
 

Personil Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Gorontalo melakukan pengibaran bendera merah putih dan bendera pengayoman di bawah laut, Objek wisata Desa OIele, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Rabu. ANTARA/HO-Kemenkumham Gorontalo

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022