Empat atlet yang mengibarkan bendera tersebut juga sudah berlatih dari jauh hari, makanya bisa menaikkan bendera hari ini
Banda Aceh (ANTARA) - Bendera merah putih berukuran 15×4 meter berkibar di puncak tebing Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, dalam rangka menyemarakkan perayaan HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, Rabu.

Bendera raksasa itu dikibarkan oleh tim panjat tebing mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa pencinta alam GAINPALA.

Ketua GAINPALA, Citra Hanapi Borta di Aceh Besar, Rabu mengatakan bendera tersebut dikibarkan diketinggian sekitar 24 meter dan dinaikkan ke tebing oleh empat orang atlet panjat tebing.

Baca juga: Upacara pengibaran bendera HUT RI di lapangan berlumpur di Tangerang

"Dikibarkan oleh tiga orang atlet laki-laki dan satu orang atlet senior perempuan GAINPALA," katanya.

Ia menjelaskan pengibaran bendera di atas tebing tersebut memiliki tingkat kesukaran yang tinggi serta perlu sering latihan.

"Empat atlet yang mengibarkan bendera tersebut juga sudah berlatih dari jauh hari, makanya bisa menaikkan bendera hari ini," katanya.

Baca juga: Ratusan narapidana di Bengkulu ikut lomba panjat pinang rayakan HUT RI

Pengibaran bendera di tebing Lampuuk merupakan kali kedua yang dilakukan oleh GAINPALA UIN Ar-Raniry. Lokasi ini dipilih menyesuaikan minat GAINPALA yang sering melakukan panjat tebing.

"Lokasi ini juga cocok dijadikan sebagai tempat untuk mengibarkan bendera merah putih," katanya.

Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka Kemerdekaan ke-77 RI di Kabupaten Aceh Besar di pusatkan di Lapangan Bungoeng Jeumpa, Jantho. Ada pun yang bertindak sebagai inspektur upacara Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022