banyak siswa di luar sana yang membutuhkan dana
Jakarta (ANTARA) - DANAdidik, Ganara Art dan Purpose bekerja sama meluncurkan Impact Non-Fungible Token (NFT) yang bertujuan untuk membantu siswa yang kurang mampu melanjutkan pendidikan.

“Ini merupakan pertama kali di Tanah Air yakni Impact NFT, selama ini penjualan NFT bertujuan untuk kepentingan komersil. Namun ini berbeda, karena penjualan NFT ini untuk kegiatan sosial yakni membantu siswa kurang melanjutkan pendidikannya,” ujar CEO Ganara Art, Tita Djumaryo, di Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan berdasarkan data Bank Dunia, hanya sekitar 16 persen generasi muda di Indonesia yang mengenyam pendidikan tinggi, jauh di bawah rata-rata G20 yaitu sebesar 38 persen.

“Gagasan awal adalah bahwa dengan seni, dapat membantu orang lain memperoleh pendidikan tinggi dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik adalah inspirasi bagi kami. Seni dapat menjadi jalan untuk mengatasi kesenjangan pendidikan di seluruh negeri. Kami bangga dapat mendukung gerakan ini dengan cara yang berarti," kata Tita lagi.

Untuk NFT dijual mulai dari harga 10 dolar AS, 100 dolar AS, 1.000 dolar AS, 10.000 dolar AS, 100.000 dolar AS, hingga 1.000.000 dolar AS. Jumlah NFT yang tersedia untuk tahap awal sebanyak 10.111 NFT.

Baca juga: Ketua MPR dorong seniman jual karya dalam bentuk NFT
Baca juga: DANAdidik akan selenggarakan acara Vocaskill

Ketua Yayasan DANAdidik, Januar Sudharsono, mengatakan pihaknya bersyukur kerja sama itu diluncurkan. Pihaknya berupaya untuk terus mencari cara kreatif untuk mendanai pendidikan tinggi siswa kurang mampu.

“Ada begitu banyak siswa di luar sana yang membutuhkan dana. Saya bangga bisa bekerja sama dengan Purpose dan Ganara Art untuk mengangkat misi kami untuk meluluskan siswa dari kemiskinan,” terang Januar.

Masyarakat dapat membeli NFT tersebut dan juga dapat membantu pendidikan siswa yang kurang mampu di Tanah Air. Pihaknya berharap pendanaan hingga 6.000.000 dolar AS melalui kerja sama itu.

NFT yang memberikan dampak sosial ini bisa dibeli langsung di https://purpose.art/danadidik dengan menggunakan kartu kredit.

Baca juga: NFT Instagram diluncurkan di Indonesia
Baca juga: "Terupa Festival" hadirkan karya seniman NTF di Bali
Baca juga: Memahami NFT dan potensi bagi penggunanya

 

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022