Sudah dua tahun HUT RI tidak semeriah in
Bukittinggi, (ANTARA) - Ribuan warga tumpah ruah ke jalan menyaksikan kemeriahan acara Pawai Alegoris HUT ke-77 RI yang diselenggarakan di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat setelah dua tahun lamanya absen dilaksanakan karena pandemi COVID-19.

"Senang sekali, sudah dua tahun HUT RI tidak semeriah ini, kami sengaja datang pulang kampung karena ada agenda Pawai Alegoris ini, suka cita kemerdekaan kental terasa dengan keramaian ini," kata seorang warga, Jhonni (41) di Bukittinggi, Kamis.

Pemerintah setempat mengikutsertakan seluruh perwakilan sekolah, instansi, unsur kemasyarakatan dan lembaga lainnya hingga membentuk barisan yang sangat panjang di jalan pusat kota.

Pawai alegoris adalah arak-arakan panjang yang diikuti oleh banyak orang dan dilangsungkan atau dipertunjukkan di muka umum.

Baca juga: 34 provinsi se-Indonesia ikut pawai alegoris di Padang Panjang

Baca juga: Bendera Sang Merah Putih-Naskah Proklamasi akan dibawa lagi ke Monas

"Terakhir diselenggarakan pada 2019, hingga antusias masyarakat baik peserta atau penonton yang hadir begitu melimpah hari ini," kata Kepala Kesbangpol Bukittinggi, Nenta Oktavia.

Menurut dia, seluruh jajaran pemerintahan Kota Bukittinggi ikut serta dan memberikan andil berupa penampilan atau dukungan selama pawai berlangsung.

"Sesuai instruksi Wali Kota, seluruh lini berpartisipasi mendukung kegiatan ini, pawai ini untuk menunjukkan rasa suka cita dengan keberhasilan pejuang merebut kemerdekaan," kata Nenta.

Kepala Disdikbud Bukittinggi, Melfi Abra mengatakan jumlah peserta Pawai Alegoris Kota Bukittinggi lebih dari 115 Kontingen, dan yang tidak mengikutsertakan satuan pendidikan hanya setingkat Taman Kanak-Kanak.

"Untuk Pawai Alegoris hari ini kita tidak melibatkan Anak TK dan PAUD, rute pelaksanaan dimulai dari start di kawasan Lapangan Wirabraja Lapangan Kantin menuju Jalan Jenderal Sudirman hingga finis di kawasan Pedestrian Jam Gadang," kata Melfi.

Panggung kehormatan ditempatkan di kawasan Taman Digital depan PLN Bukittinggi yang diisi oleh Wali Kota beserta Forkopimda daerah setempat.

Baca juga: Pemkab Pasaman Barat bagikan bendera ke masyarakat meriahkan HUT RI

Baca juga: Marinir dan warga pesisir gelar upacara di pantai kaki Suramadu



 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022