Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus mengantisipasi lonjakan penyebaran kasus COVID-19 dengan menggelar Vaksinasi Merdeka di sejumlah tempat dan fasilitas publik di Ibu Kota Provinsi Riau ini.

"Kita sepakat bersama kepolisian dan unsur TNI, untuk menggelar Vaksinasi Merdeka," kata Penjabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun di Pekanbaru, Sabtu.

Ia mengatakan Pemko akan melibatkan semua camat dan lurah guna mengerahkan masyarakat agar mengakses layanan vaksinasi untuk mendorong percepatan vaksinasi dosis III atau penguat (booster).

"Kita imbau lurah dan camat bisa mengajak masyarakat untuk vaksin booster ini," ujarnya.

Dirinya menyebut bahwa capaian vaksinasi dosis satu sudah seratus persen lebih. Sedangkan vaksinasi dosis kedua masih ada yang belum tuntas sehingga capaian vaksinasi 99 persen.

Rencananya Vaksinasi Merdeka itu akan digelar di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru yang berada di Jalan Jenderal Sudirman.

"Nanti selain di MPP, juga digelar secara serentak di setiap kecamatan mulai 23 Agustus ini," ujarnya.

Muflihun optimistis upaya ini bisa membantu capaian target vaksinasi dosis ketiga," katanya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil mengatakan pihaknya mengimbau semua pengurus Rukun Tetangga membawa setidaknya 10 orang dari lingkungan masing-masing di acara ini. Saat ini ada sekitar 3.700 RT di Pekanbaru.

"Kalau masing-masing RT bawa 10 warganya setidaknya ada 37.000 yang akan mendapatkan vaksinasi di acara itu," kata Sekda.

Jamil mengatakan vaksinasi ini diperuntukkan bagi warga yang ingin mendapatkan vaksinasi dosis pertama, kedua, dan ketiga. Anak-anak juga bisa mendapatkannya.

"Kita konfirmasi ke Dinkes, saat ini tersedia vaksin Astrazeneca. Tapi, nanti akan kita minta lagi stok vaksinasi ke Pemprov Riau," ucapnya.*

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Vera Lusiana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022