Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan empat dari tujuh kabupaten/kota di provinsi itu tanpa penambahan kasus COVID-19, karena kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan meningkat.

"Hari ini ada  penambahan tujuh kasus, yakni di Belitung 3 kasus, Bangka Tengah kasus dan Pangkalpinang 2 kasus," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Senin.

Baca juga: Satgas: Bangka Belitung nol pasien COVID-19

Ia mengatakan saat ini empat kabupaten tanpa penambahan kasus orang terpapar virus corona, yaitu Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan dan Belitung Timur. "Hari ini pasien sembuh dari COVID-19 bertambah empat orang dan pasien meninggal nihil," katanya.

Menurut dia, dengan adanya penambahan tujuh kasus ini, pasien aktif COVID-19 yang masih menjalani isolasi menjadi 71 orang tersebar di Pangkalpinang 18 orang, Belitung 40 orang, Bangka Tengah 7 orang, Bangka 5 orang, Bangka Barat 1 orang.

"Saat ini hanya Bangka Selatan dan Belitung Timur yang tanpa kasus dan pasien aktif. Ini akan terus dipertahankan melalui peningkatan penerapan vaksinasi dan protokol kesehatan," katanya.

Ia mengimbau masyarakat, khususnya di Kota Pangkalpinang dan Belitung untuk lebih meningkatkan kedisiplinan menerapkan prokes agar terhindar dari penularan virus corona.

"Selama ini hanya dua kabupaten/kota ini yang menyumbang angka tertinggi kasus COVID-19 di Babel. Oleh karena itu, Satgas akan lebih menggencarkan sosialisasi prokes dan vaksinasi di daerah itu," katanya.

Baca juga: Satgas: Bangka Belitung nihil kasus harian COVID-19

Baca juga: Satgas: Seluruh kabupaten/kota di Babel berstatus PPKM level 2

Pewarta: Aprionis
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022