Pontianak (ANTARA) - Taman Nasional Gunung Palung (Tanagupa) bersama masyarakat sekitar melaksanakan upacara bendera dan berbagai lomba permainan rakyat dalam rangka memeriahkan HUT Ke-77 Republik Indonesia di Desa Pangkalan Teluk, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

"Kegiatan perlombaan rakyat yang digelar di SDN 20 Nangah Tayap, Dusun Pangkalan Jihing, Desa Pangkalan Teluk, Kecamatan Nangah Tayap meliputi lomba tarik tambang, joget balon, makan kerupuk, bawa kelereng menggunakan sendok, memasukkan paku dalam botol dan balap karung," kata Kepala Seksi PTN Wilayah I Balai Tanagupa Bambang Hari Trimarsito di Ketapang, Senin.

Dia menjelaskan pelaksanaan upacara bendera pada HUT RI di daerah sekitar kawasan lindung sebagai bentuk rasa cinta tanah air dengan melibatkan masyarakat dan pelajar setempat.

"Dalam rangka HUT RI ke-77 kami bersama masyarakat Desa Pangkalan Teluk melaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih, sekaligus dalam rangka memeriahkannya kami melaksanakan berbagai lomba di SDN 20 Nangah Tayap,” kata dia.

Baca juga: PSI Surabaya gelar jalan sehat peringati HUT ke-77 RI

Kepala SDN 20 Nangah Tayap Mochtar mengapresiasi kegiatan diinisiasi Tanagupa yang diikuti dengan semangat oleh siswa siswi di sekolah tersebut hingga selesai.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Tanagupa yang telah berpartisipasi dan berkontribusi untuk mengadakan perlombaan di sekolah kami ini,” kata dia.

Para guru SDN 20 Nanga Tayap berharap kegiatan serupa pada tahun yang akan datang juga bisa dilaksanakan dengan meriah di sekolah tersebut.

“Harapan kami supaya tahun depan lebih meriah lagi dari tahun ini,” kata salah seorang guru SDN Nangah Tayap Titin Yuriana.

Jajaran Tanagupa juga melaksanakan peringatan HUT RI bersama anak-anak dan ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Balai Tanagupa dengan upacara bendera dan berbagai lomba, seperti lomba makan kerupuk, lomba memasukkan pensil, lomba memindahkan sarung, lomba membawa kelereng, lomba joget balon dan lomba merias wajah. Kategori lomba pun telah disesuaikan dengan aturan yang ditentukan.

Baca juga: Atap panggung lomba perahu hias HUT Kemerdekaan RI di Palembang ambruk
Baca juga: Warga Jambi ikuti jalan santai dan panjat pinang meriahkan HUT RI

Pewarta: Andilala dan Rizal
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022