Garut (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Senin meresmikan Monumen Pengrajin Bendera Merah Putih di Alun-alun Leles, Kabupaten Garut.

"Sebuah kebanggaan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, sebagai daerah penghasil kerajinan, pengrajin UMKM Bendera Merah Putih yang sudah me-Nusantara. Kita hormati, kita muliakan dengan Monumen Pengrajin Bendera Merah Putih di Kecamatan Leles," katanya usai peresmian monumen.

Didampingi Kepala Polda Jawa Barat Irjen Pol Suntana, Gubernur menjelaskan bahwa Kepala Polres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono dan Kepala Polda Jawa Barat Irjen Pol Suntana menginisiasi pembangunan Monumen Pengrajin Bendera Merah Putih Asli Garut dan Bupati Garut Rudy Gunawan mendukung gagasan tersebut.

Dia berharap kehadiran monumen tersebut bisa membantu mendorong peningkatan usaha pembuatan Bendera Merah Putih di wilayah Garut.

"Mudah-mudahan dengan dukungan dari media, kita viralkan, kita marketingkan, sehingga bangkit UMKM pasca pandemi ini, dengan UMKM yang saya sebut dengan ekonomi spesialis," katanya.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengapresiasi dukungan kepolisian dan pemerintah provinsi dalam pembangunan Monumen Pengrajin Bendera Merah Putih di Alun-alun Leles.

Ia menambahkan, sebelumnya Kepolisian Resor Garut menginisiasi pembangunan monumen tukang cukur di daerah sentra usaha jasa cukur rambut di Bagendit.

"Ada monumen tukang cukur, sekarang bendera, memberikan perkembangan kepada Garut. Nanti ingin ada monumen domba Garut, nanti kami minta desainnya dari Gubernur," katanya.

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Irjen Pol Suntana mengemukakan bahwa selain menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, kepolisian juga membantu menjaga iklim usaha agar perekonomian bisa tumbuh baik.

"Polisi akan menjamin keamanan investasi teman-teman, akan membantu teman-teman. Yang dibutuhkan, kami siap membantu," katanya.

Ketua Asosiasi Pengrajin Bendera Merah Putih Kabupaten Garut Rhamdan Zaelani menyampaikan terima kasih kepada kepolisian dan pemerintah yang sudah membangun Monumen Pengrajin Bendera Merah Putih di Leles.

Menurut dia, kehadiran monumen itu bisa meningkatkan semangat para perajin untuk meningkatkan produktivitas.

"Adanya monumen ini bisa mendorong lebih semangat, kita lebih bersatu," kata Rhamdan.

Baca juga:
Kemensos siapkan tiga lumbung sosial di Garut untuk penanganan bencana
Pemerintah siapkan KUR Rp283 triliun untuk UMKM

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022