Kami senang menyabut Antonio Giovinazzi kembali ke tim ini untuk dua sesi FP1
Jakarta (ANTARA) - Pebalap Italia Antonio Giovinazzi dijadwalkan ambil bagian pada sesi latihan bebas pertama Grand Prix Italia dan Amerika Serikat bersama tim Haas, demikian tim yang ditenagai mesin Ferrari itu pada Senin.

Giovinazzi (28) saat ini mengemban tugas sebagai pebalap cadangan Ferrari dan membela tim Dragon Penske Racing di kejuaraan balap mobil listrik Formula E sejak ia kehilangan bangku membalap di tim Alfa Romeo F1 pada akhir musim lalu.

"Kami senang menyabut Antonio Giovinazzi kembali ke tim ini untuk dua sesi FP1," kata bos tim Haas Guenther Steiner pada laman resmi tim.

Baca juga: FIA setujui regulasi mesin Formula 1 musim 2026

"Ferrari ingin memberi Antonio kesempatan di atas bangku mobil Formula 1 spek saat ini pada akhir pekan dan kami dengan senang akan membantu."

Giovinazzi telah menjalani 62 start balap Formula 1 ketika membalap untuk Alfa Romeo pada 2019-2021. Ia juga tak asing di tim Haas setelah pernah ditugasi menjalani tujuh sesi FP1 dengan tim asal Amerika Serikat itu pada 2017 mengendarai VF-17.

"Saya senang mendapat kesempatan membalap lagi di sesi resmi F1," kata Giovinazzi.

"Selain membalap di simulator, menguji mobil sesungguhnya itu penting dan saya tidak sabar lagi mengenakan seragam dan helm saya kembali. Ini akan menjadi kesempatan untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan mobil-mobil generasi baru. Ini adalah cara terbaik untuk siap apabila saya dipanggil sebagai pebalap cadangan."

Baca juga: Williams pertahankan Albon dengan kontrak jangka panjang

Giovinazzi akan meminjam mobil Kevin Magnussen dan Mick Schumacher pada sesi latihan di Monza 9 September dan Circuit of the Americas pada 21 Oktober.

Regulasi saat ini mewajibkan tim-tim Formula 1 memberikan dua sesi latihan bebas kepada pebalap muda atau mereka yang memiliki jam terbang terbatas di F1.

Haas juga bisa jadi sedang mencari pebalap untuk musim 2023 mengingat Mick Schumacher, yang didukung Ferrari, akan habis masa kontraknya pada akhir musim ini.

Baca juga: Piastri tolak bangku tim Alpine di tengah kesimpangsiuran kontrak
Baca juga: Alpine tunjuk Oscar Piastri sebagai pengganti Alonso pada 2023

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022