Kunming (ANTARA) - Total kapasitas listrik terpasang di Provinsi Yunnan, China barat daya, mencapai 106 juta kilowatt hingga akhir 2021, dengan kapasitas energi hijau terpasang menembus 90 juta kilowatt yang mencakup sekitar 90 persen dari total tersebut, menurut Administrasi Energi Provinsi Yunnan.

Angka tersebut 2,5 kali dari angka pada tahun 2012. "Selama satu dekade terakhir, sebagian besar pembangkit listrik tenaga air (PLTA) utama telah dioperasikan di Yunnan," kata Lu Wenxiang, Direktur Administrasi Energi Provinsi Yunnan.

Total 12 PLTA telah dioperasikan di provinsi ini secara berurutan serta sejumlah teknologi dan indikator telah membuat terobosan besar.

Kapasitas terpasang PLTA di Yunnan meningkat dari 34,99 juta kilowatt menjadi 78,2 juta kilowatt, yang menempati peringkat kedua di seluruh China dalam hal kapasitas terpasang. Tujuh dari 10 PLTA utama di China berada di Yunnan.

Provinsi Yunnan secara komprehensif mempercepat pengembangan dan pembangunan energi baru.

Selama satu dekade terakhir, total kapasitas terpasang pembangkit listrik tenaga bayu dan fotovoltaik di provinsi tersebut meningkat dari 1,53 juta kilowatt menjadi 12,78 juta kilowatt, atau meningkat 7,35 kali, dan 50 juta kilowatt akan ditambahkan dalam tiga tahun ke depan.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022