Makassar (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali, mengatakan kuliah umum yang diberikan di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Selasa, merupakan yang pertama kalinya dilakukan sejak bergelar profesor.

Zainuddin Amali menerima gelar Profesor Kehormatan Bidang Ilmu Keolahragaan dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) di Semarang, Sabtu,(20/8/2022).

"Saya sudah biasa membawakan kuliah umum bahkan sebelum menjadi menteri.Tapi setelah menjadi (bergelar) profesor, Fakultas Hukum Unhas inilah yang menjadi tempat pertama saya memberikan kuliah umum," ujarnya disambut tepukan meriah dari para peserta.

Dalam pemaparannya, Menpora mengajak para mahasiswa untuk terus berupaya mencari dan melahirkan inovasi, kemandirian yang berdaya saing dan memiliki semangat kewirausahaan yang tinggi .

Menurut dia, jika hal ini bisa diwujudkan maka mahasiswa setelah menyelesaikan kuliahnya, tidak akan menjadi "jobseeker" atau orang yang sibuk membawa ijazah kemana-mana untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

Baca juga: Menpora: Prestasi hanya kebetulan tanpa desain olahraga nasional

Untuk itu, Kemenpora terus fokus mendorong para mahasiswa khususnya yang mempunyai jiwa entrepreneur untuk bisa mengembangkan bakatnya. Termasuk dengan penyediaan fasilitas permodalan awal.

Ia menjelaskan, saat kita lepas dari dunia kampus, di sinilah tantangannya. Berapa banyak lulusan dari perguruan tinggi negeri, swasta ataupun luar negeri yang akan menjadi pesaing mendapatkan pekerjaan. Maka saat itulah pentingnya memiliki kreatifitas, inovasi dan memiliki jiwa kewirausahaan agar tetap bisa bersaing.

"Jadi kita siapkan ini agar tidak tergabung kepada orang lain atau menjadi jobseeker. Kita dorong untuk menjadi kreator dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Menpora raih penghargaan dari Unesa atas kontribusi lahirkan DBON

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022