Jakarta (ANTARA) - Festival UMKM Sampoerna menaikkan kelas ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) di Garden&The Atrium Sampoerna Strategic Square, Jakarta Selatan.

Direktur Pengembangan Potensi Daerah, Kementerian Investasi/BKPM Suhartono mengatakan, kegiatan serupa telah digelar di beberapa lokasi lainnya.

"Ada juga 20 lokasi lainnya yang tersebar di Indonesia menggelar kegiatan serupa. Ya sekalian dengan pemberian NIB," kata Suhartono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Suhartono menambahkan, kegiatan ini membantu kementerian dalam menyosialisasikan pemberian NIB kepada para pelaku usaha.

Tentunya kegiatan bisa meraih target yang dicanangkan Presiden Jokowi untuk menaikkan kelas pelaku UMKM. "Salah satunya pemberian NIB sebagai legalitas utama di Indonesia," kata dia.

Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Ali Murthadho berharap kegiatan ini bisa menjadi pelopor perusahaan untuk melakukan kegiatan usaha di wilayah Jakarta Selatan.

Baca juga: Pemkot Jakbar latih pelaku UMKM mendesain kemasan produk
Baca juga: Sudin PPKUKM Jaksel bantu UKM naik kelas melalui bimtek HAKI


Menurut Ali, festival ini mampu menjadi peluang para pelaku UMKM untuk memulihkan perekonomian di Indonesia yang terganggu akibat pandemi COVID-19 melanda sejak dua tahun lalu.

"Ini adalah bentuk apresiasi dari Sampoerna untuk mengangkat kembali UMKM agar tetap bergerak," kata Ali.

Ketua Pengurus Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati Irza Pratama menuturkan kegiatan ini dapat meningkatkan pemasukan para nasabah yang berada di naungan KSP Sahabat Mitra Sejati.

"Dengan kegiatan ini koperasi kita itu dapat berkembang lagi dan mereka dapat naik kelas," katanya.

Ketua Panitia Festival UMKM Lukman Nulhakim menambahkan, sebanyak 130 pelaku UMKM ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Rencananya kegiatan ini akan terus digelar.

Lukman menambahkan, kegiatan ini digelar pada 23-26 Agustus 2022 dengan memamerkan beragam produk, mulai dari kuliner, fesyen hingga industri kreatif.

"Ini diselenggarakan dalam rangka Bari UMKM Nasional tanggal 12 Agustus dan juga HUT Kemerdekaan RI serta HUT Sampoerna Land yang ke-109," katanya.
Baca juga: Pemkot Jaksel kurasi 30 produk menuju pasar internasional
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022