produk yang dikurasi memiliki kualitas yang tidak kalah dengan  produk ternama
Jakarta (ANTARA) - Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Jakarta Selatan menggelar kurasi terhadap 30 produk kerajinan sebagai upaya menembus pasar internasional  di Hotel Amos Cozy, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Senin.

"Hampir 50 persen produk kerajinan kita berpotensi go international. Hanya saja harus ada yang dibenahi dari sisi kemasan," kata Ketua Dekranasda Jakarta Selatan Essie Feransie  pada kegiatan tersebut.

Essie menjelaskan  produk kerajinan tanah air berpotensi laris di luar negeri hanya saja yang perlu memperhatikan kemasan yang menarik dan harus menggunakan bahan ramah lingkungan.

Kegiatan kurasi  juga dihadiri Dewan Pengurus Cabang Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (DPC IWAPI) Jakarta Selatan.

Kurasi ini, jelas Essie untuk memilih kerajinan tangan dan fashion  berdasarkan kualitas, kreativitas, termasuk harga.

Produk yang dikurasi tersebut berasal dari tangan perajin di Jakarta Selatan yang nantinya bisa dikenalkan dalam berbagai kegiatan baik lokal dan nasional.

Tamu yang hadir dalam kegiatan ini berasal dari dalam dan luar kota, sebagian diantaranya berniat untuk membeli barang kerajinan yang dikurasi tersebut.

Harapannya, produk yang dikurasi bisa disertakan dalam kegiatan peragaan busana yang digelar di mal Jakarta Selatan.

Essie yakin kalau produk yang dikurasi memiliki kualitas yang tidak kalah dengan  produk ternama.

"Satu hal yang pasti, semua produk di sini pasti naik tingkat. Nah untuk perajin yang terpilih akan mewakili Dekranasda Jakarta Selatan pada ajang penghargaan pada tingkat provinsi DKI Jakarta," tuturnya.

Sebelumnya, Dekranasda DKI Jakarta dan Tokopedia mempertegas kerja sama dengan mengajak masyarakat untuk turut mendukung pertumbuhan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal, dalam rangka menyambut HUT DKI Jakarta ke-495.

"Kita bekerja sama dan berkolaborasi dengan Tokopedia, kita bergandengan tangan untuk memfasilitasi perajin yang memiliki keterbatasan membuka toko secara online," kata Ketua Dekranasda DKI Jakarta Fery Farhati saat media gathering secara virtual, beberapa waktu lalu.

"Kami juga mengajak  masyarakat untuk mendukung UMKM DKI Jakarta, salah satunya dengan membeli karya-karya mereka,” imbuhnya.
Baca juga: Jajanan produk "90-an" hadir di Jakarta Fair Kemayoran
Baca juga: Pemkot Jakbar bantu 1.000 UMKM dapatkan sertifikat HAKI gratis
Baca juga: 3.796 warga Jakarta Barat daftar pelatihan usaha pada 2022


Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022