melibatkan 300 wanita
Jakarta (ANTARA) - Festival Wanita Merdeka di Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan menggelar layanan pemeriksaan gratis kanker serviks dan kanker payudara melibatkan 300 wanita dalam rangkaian kegiatan HUT ke-77 RI.

"300 wanita mengikuti pemeriksaan gratis yang disediakan oleh puskesmas. Lalu sebanyak 100 balita juga mengikuti kegiatan imunisasi yang tergabung dalam Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)," kata Camat Mampang Prapatan Ujang Hermawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Ujang mengatakan kegiatan itu sukses terselenggara berkat kolaborasi dengan berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dari perusahaan-perusahaan yang berada di wilayah Mampang Prapatan.

Salah satunya dari Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan yang turut menggelar pemeriksaan kanker serviks dan payudara secara gratis bagi warga yang tertarik.

Tak hanya itu, para kader Dasawisma, Pemberdayaan Kesejahteraan dan Keluarga (PKK), Jumantik turut mewarnai kegiatan itu dengan mengikuti lomba senam lagu disertai penampilan menarik.

Adapun kegiatan yang digelar meriah ini digelar dua hari pada hari ini untuk lomba dan selanjutnya bazar yang dilakukan oleh pelaku usaha dari wilayah, kata dia.

Selain itu, Ujang berharap akan ada banyak warga yang mengikuti kegiatan ini lantaran ada berbagai kegiatan yang dipamerkan dalam festival tersebut.

"Mulai dari lomba, kuliner hingga bazar bagi sediakan untuk warga sekitar. Selain itu, festival ini kami selenggarakan dalam menyemarakkan HUT ke-77 RI," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Mampang Tarwiyah mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program kerja  untuk mendorong kaum wanita agar lebih peduli terhadap kesehatan dirinya dengan secara berkala melakukan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) yang merupakan  cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim.

Harapan Tarwiyah, tim Penggerak PKK bisa mengajak seluruh wanita di kecamatan Mampang Prapatan agar mau melakukan deteksi dini melalui periksa IVA dan kanker payudara.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker," jelas dia.
Baca juga: Wagub DKI: Penting refleksi kemerdekaan bagi siswa
Baca juga: Anies akan komentar Pilpres 2024 usai tanggung jawab di DKI selesai
Baca juga: PBVSI DKI sambut Hari Kemerdekaan dengan gelar turnamen Piala Gubernur

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022