Yogyakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyampaikan penyelenggaraan Press Tour dan Airmen Gathering Media Dirgantara 2022 oleh Dispenau bertujuan meningkatkan kerja sama TNI AU dengan insan pers dan peserta lainnya.

"Melalui kegiatan yang positif dan edukatif seperti press tour ini, saya yakin akan meningkatkan kebersamaan, kerja sama, serta sinergi yang positif antara TNI AU dan media serta netizen," ujar Indan kepada wartawan di sela-sela kegiatan Press Tour dan Airmen Gathering Media Dirgantara 2022 di Kota Yogyakarta, Provinsi DI Yogyakarta, Kamis.

Di samping itu, tambah dia, kegiatan yang diikuti oleh 65 peserta yang terdiri atas jurnalis, netizen, dan pendengar setia Airmen Radio ini diharapkan mampu membuat mereka mengenal lebih dekat dan semakin memahami satuan-satuan jajaran TNI AU.

Selanjutnya, dalam salah satu rangkaian acara di kegiatan tersebut, yakni ramah tamah, Indan dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu alasan pihaknya memilih Yogyakarta sebagai lokasi penyelenggaraan Press Tour dan Airmen Gathering Media Dirgantara 2022 karena kota tersebut merupakan kota kelahiran TNI Angkatan Udara.

Adapun kegiatan Press Tour dan Airmen Gathering Media Dirgantara 2022 ini diselenggarakan sejak Kamis sampai dengan Jumat (26/8).

Pada Kamis pagi, para peserta berangkat dari Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, menggunakan pesawat C-130 Hercules. Pesawat tersebut diterbangkan oleh Lettu Penerbang Fahrezi dan Copilot Lettu Penerbang Ilman.

Setibanya di Kota Yogyakarta, peserta diberikan kesempatan untuk mengunjungi sejumlah satuan jajaran TNI AU yang ada di sana. Satuan pertama yang dikunjungi adalah Lanud Adisutjipto.

Di Lanud Adisutjipto, para peserta menyaksikan penampilan aerobatik kelas dunia milik TNI AU dari Jupiter Aerobatik Team (JAT). Setelah itu, di Lanud Adisutjipto, peserta pun memperoleh pemaparan dari para instruktur penerbang mengenai pendidikan, pelatihan, dan pembinaan di Skadron Pendidikan (Skadik) 101, 102 dan 104.

Selanjutnya, peserta pada Kamis siang, para peserta dijadwalkan mengunjungi Ksatrian Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta. Di AAU, peserta akan menyaksikan penampilan Drumband Gita Dirgantara AAU dan berkesempatan untuk berdialog, bahkan menyaksikan langsung aktivitas taruna dan taruni AAU.

Destinasi lainnya yang akan dikunjungi para peserta adalah Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla) yang di dalamnya terdapat koleksi pesawat terbang terlengkap di Asia. Selain mengikuti berbagai acara, para peserta juga akan menikmati indahnya malam di salah satu ikon Yogyakarta, yaitu kawasan Malioboro.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022