Jakarta (ANTARA) - Pemain muda Persija Frengky Missa mengatakan bahwa posisinya di tim tergantung pada formasi yang diterapkan sang pelatih di lapangan.

Frengky memang diketahui sebagai pemain multiposisi. Dia dapat bermain sebagai gelandang serang, bek kiri dan bek kanan.

"Soal posisi, kalau memakai formasi 4-3-3, saya senang menjadi bek kiri. Namun kalau dengan formasi lima bek saat bertahan, saya nyaman di bek kanan," ujar pesepak bola berusia 18 tahun itu di Jakarta, Kamis.

Frengky dikenal sebagai gelandang serang ketika memperkuat tim Nusa Tenggara Timur (NTT) di PON XX Papua dan skuad belia Persija di Elite Pro Academy.

Namun, saat mulai mengisi satu tempat di tim senior Persija, dia awalnya diplot sebagai bek kiri. Tak lama, asisten pelatih Persija Pasquale Rocco menginstruksikan untuk bergeser ke bek kanan.

Baca juga: Frengky Missa: Pindah posisi di Persija kesempatan bukan beban

Hal itu lantaran di kiri sudah ada Rangga Widiansyah, Firza Andika dan Muhammad Rezaldi Hehanussa. Kala itu juga masih ada Barnabas Sobor yang saat ini dipinjamkan ke PSPS Riau.

Sementara kondisi di bek kanan kala itu cuma ada Syahwal Ginting dan Rio Fahmi yang sedang di timnas. Posisi ini pun ditempatinya sampai sekarang.

Frengky pun tampil apik di pertahanan kanan Persija mencatatkan empat penampilan dari enam laga awal skuad "Macan Kemayoran" di Liga 1 Indonesia 2022-2023. Selama itu, Frengky sudah melesakkan satu gol yaitu ke gawang Persis.

Performa gemilangnya membuat pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong memanggilnya untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Adapun Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 digelar pada 14-18 September 2022. Di kompetisi itu, Indonesia berada di Grup F bersama Timor Leste, Hong Kong dan Vietnam. Semua pertandingan Grup F akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Indonesia akan menghadapi Timor Leste pada 14 September, kemudian Hong Kong dua hari kemudian dan Vietnam pada 18 September.

Baca juga: Frengky Missa targetkan tampil di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023


 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022