Jakarta (ANTARA) - Forum dialog B20-G20 Indonesia Women in Business Action Council (WiBAC) meluncurkan cetak biru One Global Women Empowerment (OGWE) yang merupakan sebuah platform untuk mempertemukan pihak yang membutuhkan atau memberi bantuan pemberdayaan perempuan.

Chair of B20 WiBAC Ira Noviarti menyampaikan bahwa banyak peluang besar yang dapat diraih apabila kesetaraan partisipasi perempuan dalam perekonomian dapat terwujud, tapi saat ini partisipasi perempuan pada dunia usaha masih timpang.

“Dalam dialog B20-G20 Women in Business Action Council, kami telah mengkomunikasikan dokumen final B20 WiBAC Policy & Action Recommendation serta peluncuran cetak biru platform One Global Women Empowerment untuk memajukan pertumbuhan ekonomi global yang inklusif, tangguh, dan juga berkelanjutan melalui pemberdayaan perempuan,” kata Ira dalam keterangan resmi, Kamis.

Dalam dokumen final B20 WiBAC Policy & Action Recommendation, forum dialog membuat tiga tema kunci dalam menjembatani kesenjangan menuju kesetaraan partisipasi perempuan dalam dunia bisnis.

Pertama, pemberdayaan pengusaha perempuan dengan cara mengembangkan ekosistem yang dapat memberikan akses pada bantuan finansial, regulasi, hingga akses pada bantuan teknis bagi pelaku usaha.

Kedua, mendorong kemampuan digital dan kepemimpinan perempuan. Ketiga, mendorong lingkungan yang adil dan aman bagi semua pekerja perempuan di sektor perekonomian informal, termasuk masyarakat di pedesaan.

Melalui rekomendasi serta kebijakan kolaboratif, Ira Noviarti selaku Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk menyampaikan pentingnya kolaborasi dari seluruh elemen mulai dari pelaku industri, pemerintah, LSM, investor, filantropi, service providers, dan berbagai lapisan masyarakat untuk menjembatani kesenjangan kesetaraan partisipasi gender dalam perekonomian

“Langkah konkret yang telah kami lakukan mulai dari hasil dokumen final B20 WiBAC Policy & Action Recommendation serta platform One Global Women Empowerment juga membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen,” katanya.

Sebagai salah satu legacy B20 Indonesia, OGWE merupakan platform dengan key actions antara lain meningkatkan kapasitas dan pemberdayaan pelaku usaha perempuan melalui digital capabilities, knowledge sharing, funding and investment, technical support, hingga supportive policy dan menjadi jembatan penghubung upaya pemberdayaan perempuan antara presidensi G20 dan B20 berturut-turut mulai dari Indonesia, India, Brazil, dan negara lain.

Baca juga: Chair B20 Indonesia dorong keterlibatan perempuan ke dalam bisnis

Baca juga: B20 mendorong dua Legacy Programs terkait transisi ramah lingkungan


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022