Sumsel masih berstatus siaga kebakaran hutan dan lahan, karena saat ini masih musim kering meski sesekali hujan
Sumatera Selatan (ANTARA) - Lahan mineral di sekitar ruas Jalan Tol Palembang-Indralaya km 13, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Kamis malam, terbakar.

Koordinator Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Manggala Agni Daops Sumatera XIV Banyuasin Ujang Sultan di Ogan Ilir, mengatakan kebakaran tersebut dikonfirmasi terjadi sekitar pukul 18.57 WIB.

Satu regu petugas Manggala Agni saat ini dikerahkan memadamkan api di lokasi yang masuk kawasan Desa Talang Pangeran Ulu, Kecamatan Pemulutan Barat, Ogan Ilir itu.

Petugas masih harus bekerja cepat memadamkan api supaya lahan yang terbakar tidak semakin melebar, khususnya mengarah ke jalan tol.

"Ya, pemadaman masih berlangsung saat ini," kata dia.

Baca juga: KLHK harapkan kontribusi sektor kehutanan kurangi emisi gas rumah kaca

Pemadaman dilakukan petugas dengan cara menyiramkan air dari lumbung terdekat, tanki beberapa mobil yang dibawa petugas saat ini.

"Belum bisa bisa ditaksir berapa luas lahan yang terbakar," imbuhnya.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Sumatera Selatan Ansori mengatakan pihaknya masih terus berkoordinasi dengan petugas di posko yang melakukan pemadaman.

Baca juga: Pemprov Sumatera Selatan dorong pertumbuhan ekonomi hijau

Petugas di posko kebakaran berbatasan dengan Desa Arisan Jaya, Pemulutan Barat itu
sudah dalam keadaan siap dilengkapi peralatan pemadaman masing-masing.

"Sudah siap. Memang Sumsel masih berstatus siaga kebakaran hutan dan lahan, karena saat ini masih musim kering meski sesekali hujan," tandasnya.

Baca juga: BMKG imbau warga Aceh waspada banjir meski di puncak kemarau

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022