Jakarta (ANTARA) - Pandemi virus Covid-19 yang belum kunjung berakhir, membuat Anda perlu menjaga kesehatan lebih baik. Selain menjaga kesehatan tubuh, Anda juga harus memastikan udara di dalam rumah Anda juga tetap bersih. Hal inilah yang membuat Anda membutuhkan Air Purifier Terbaik yang bermanfaat untuk digunakan sehari-hari.
 
Lalu, apa sebenarnya air purifier itu? Apa saja manfaatnya bagi kehidupan Anda, terutama dalam hal kesehatan?
 
dr. Maydie Esfandiari, Sp.P, dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru) mengatakan, udara yang bersih mutlak dibutuhkan. Ciri-ciri udara yang bersih adalah terasa begitu segar ketika dihirup dan tidak bercampur dengan benda asing.
 
"Jika menghirup udara kemudian ada yang terasa gatal di hidung, itu artinya udara tercemar benda asing," katanya.
 
Lantas, Air purifier merupakan sebuah alat yang punya teknologi untuk membersihkan udara di dalam sebuah ruangan. Berbeda dari air conditioner (AC) pada umumnya, alat ini tidak mengeluarkan udara dingin. Namun justru mengeluarkan udara segar, yang bebas dari kotoran.
 
Umumnya, di dalam air purifier telah dilengkapi dengan filter penyaring udara. Filter tersebut bekerja untuk mengubah udara kotor menjadi udara yang lebih bersih.
 
Manfaat Air Purifier
 
Selain itu, air purifier juga ampuh untuk menghilangkan virus, bakteri, dan kuman yang bertebaran di udara. Sehingga, Anda juga bisa menghirup udara yang lebih bersih.
 
Kemudian, ada juga beberapa manfaat lainnya dari air purifier untuk sebuah hunian. Apa saja manfaat dari alat ini jika dikombinasikan dengan AC Terbaik?
 
1. Menghilangkan bau
 
Japan Spinners Inspecting Foundation melakukan uji coba terhadap fungsi air purifier dengan beberapa skala pengukuran bau. Berdasarkan uji tersebut, ada temuan bahwa air purifier mampu menyaring bau tidak sedap pada ruangan.
 
Udara yang kurang sedap pun umumnya mengandung partikel-partikel yang kurang baik saat terhirup. Kemudian, air purifier bekerja dengan menyaring partikel tersebut, sebelum melepaskannya kembali menjadi udara yang lebih bersih.
 
2. Menyaring virus dan bakteri
 
Ada banyak penyakit yang bisa menular lewat udara. Hal ini terjadi sebab partikel-partikel udara tersebut dapat membawa bakteri dan virus penyebab penyakit, seperti flu dan batuk.
 
Untuk memastikan udara di dalam rumah Anda tetap bersih dan sehat, Anda bisa menggunakan air purifier. Alat satu ini memiliki teknologi, kemudian mampu menyaring udara kotor dan menggantinya dengan udara yang lebih bersih.
 
3. Menghilangkan gas kimia berbahaya di udara
 
Selain menghilangkan virus dan bakteri, air purifier juga bisa memupus gas kimia berbahaya agar tidak terhirup oleh Anda. Gas kimia ini bisa timbul dari berbagai sumber. Antara lain, polusi, gas dari cairan pembersih lantai, obat nyamuk, dan masih banyak lagi.
 
Terlebih, gas kimia yang menumpuk bisa berbahaya bagi kesehatan, terutama bila kita berada di ruang tertutup dengan sirkulasi udara buruk. Sehingga, air purifier bekerja agar memastikan keluarga Anda aman dan terbebas dari gas kimia berbahaya.
 
4. Meningkatkan Kualitas Tidur
 
Air purifier dapat menyaring alergen kamar tidur, seperti bakteri, jamur, dan tungau debu, yang memicu alergi dan gangguan tidur. Jika Anda menghirup udara lebih bersih, maka bisa membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak dan berkualitas, loh.
 
5. Meringankan alergi
 
Air purifier juga bisa meringankan alergi dengan menyaring partikel penyebab alergi, mulai dari serbuk sari, debu, dan masih banyak lagi. Terlebih, alat ini bekerja cara menyaring partikel penyebab alergi tersebut agar udara menjadi bersih dan bebas zat alergen.
 
Apabila partikel kotor tersebut terhirup melalui hidung, tidak jarang Anda pun akan lebih mudah bersin, batuk, hingga hidung mengeluarkan air.
 
6. Meredakan gejala Asma
 
Air purifier sangat bermanfaat mengurangi intensitas kambuhnya penyakit asma. Alat ini dilengkapi dengan filter HEPA, yang mampu menyaring polutan, seperti debu, serbuk sari, dan bulu hewan peliharaan. Sehingga, udara di dalam ruangan pun akan lebih bersih. Apabila Anda menghirup udara yang bebas polutan, tentu akan bermanfaat buat bagi kesehatan paru-paru.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022