Jakarta (ANTARA) - Ketua Bidang Redaksi Majalah Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Dr. dr. Feni Fitriani Taufik, Sp. PKR, Subps. PKL, M.Pd.Ked., menilai air purifier (alat pemurni udara) bisa membantu mencegah polusi udara di dalam ruangan.

Air purifier gunanya untuk mencegah polusi udara di dalam ruangan dan memang itu bisa membantu,” kata Feni saat dihubungi ANTARA, Jumat.

Saat ini, kadar polusi udara di Indonesia telah melebihi nilai ambang batas yang ditetapkan sehingga perlu cara untuk mendapatkan udara sehat, khususnya di dalam rumah.

Air purifier merupakan alat pemurni udara yang digunakan untuk mendapatkan udara sehat di dalam rumah. Alat tersebut bekerja dengan cara menyedot udara ke dalam penyaring, kemudian disalurkan kembali menjadi udara dengan kualitas bersih.

Feni mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan air purifier, salah satunya adalah kapasitas pemakaian dan besarnya ruangan yang dapat disaring oleh alat tersebut.

“Untuk perawatannya, menggunakan filter air purifier harus mendapat perhatian (rajin dibersihkan),” kata Feni.

Baca juga: PDPI: Polusi udara pencetus penyakit asma kambuh

Selain menggunakan air purifier, dia juga menyarankan untuk melakukan cara lain agar udara di dalam ruangan tidak terkontaminasi polusi dari luar ruangan. Hal terpenting adalah tidak menambah polusi udara dalam ruangan, seperti merokok atau menyalakan lilin dengan residu asap berlebihan.

“Kalau di luar polusi udaranya buruk, tidak membuka jendela ruangan,” kata Feni.

Jika tidak memiliki air purifier, dokter lulusan dari Universitas Indonesia tersebut menyarankan untuk menggunakan kipas angin khusus exhaust fan. Kipas angin tersebut bekerja dengan menyegarkan udara kotor di dalam ruangan dan menggantinya dengan udara bersih.

Feni juga menganjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan kaya antioksidan, sayur, buah, dengan kandungan vitamin untuk membuat tubuh tetap sehat, meskipun kerap terpapar oleh polusi udara. Meskipun tidak bekerja secara langsung untuk menangkal polusi udara, sumber makanan tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak rentan terkena faktor risiko penyakit akibat polusi udara.

“Balik lagi ke pola hidup bersih sehat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat,” kata Feni.

Baca juga: Selain ISPA, ini dampak lain paparan polusi udara pada tubuh

Baca juga: Asap rokok dalam ruangan sama bahayanya dengan polusi luar ruangan

Baca juga: HEPA Filter dalam Air Purifier kurangi paparan virus di dalam rumah

Baca juga: Manfaat Air Purifier, Penjernih Udara Kaya Manfaat

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023